Beragamnya Obyek Wisata Di Hong Kong

Monday, 14 September 15   0 Views   0 Comments   Venue

Selain aksesibilitas dan fasilitas MICE, Hong Kong juga dibekali dengan beragam aktivitas wisata yang menarik dan kreatif. Di tengah kota, banyak obyek yang dapat disambangi untuk melepas penat usai mengikuti kegiatan MICE. Mengunjungi Sky 100 yang berada di gedung International Commerce Centre (ICC) ialah salah satunya. Gedung dengan tinggi 393 meter ini merupakan bangunan tertinggi di Hong Kong dan peringkat tertinggi ketujuh di dunia. (Baca juga: Belajar MICE Dari Hong Kong)

Untuk mencapai Sky 100, terdapat lift khusus yang mampu mengantar pengunjung dalam hitungan 60 detik. Setibanya di lantai 100, terdapat sebuah ruangan berdinding kaca yang memungkinkan pengunjung menyaksikan panorama Kota Hong Kong dari berbagai sudut pandang.

Panorama Kota Hong Kong dari pucuk ketinggian juga dapat dinikmati dari Victoria Peak (552 meter), gunung tertinggi di Pulau Hong Kong. Sejak abad ke-18, tempat ini sudah populer sebagai obyek wisata. Sebuah hotel mewah pun telah berdiri di tempat ini pada tahun 1873. Pada awal 1900-an, lokasi ini merupakan kawasan hunian mewah kalangan ekspatriat yang tinggal di Hong Kong. 

Kini, lebih dari enam juta turis per tahun mengunjungi Victoria Peak untuk menikmati panorama dari  pucuk tertinggi di Hong Kong. Selain turis individu, grup MICE juga banyak yang ingin menikmati sensasi naik trem menelusuri perbukitan Victoria Peak yang memiliki jalur kemiringan hingga 27 derajat.

Setibanya di pucuk ketinggian Victoria Peak, terdapat Cafe Deco yang kerap dipakai oleh para meeting planner untuk menggelar acara peluncuran produk, gala dinner, fashion show, dan juga cocktail party. Memiliki luas sekitar 1.400 meter persegi, kafe ini dapat mengakomodasi hingga 600 orang. Selain kafe dan restoran, tempat ini juga dilengkapi pusat perbelanjaan; aneka hiburan, seperti Madame Tussauds Hong Kong yang mengoleksi 100 figur selebriti; dan area rekreasi alam Mount Austin.

Obyek wisata di Hong Kong

Ngong Ping Village merupakan obyek wisata lainnya yang dapat dikunjungi usai mengikuti kegiatan pertemuan atau pameran di Hong Kong. Desa yang berada di kawasan Lantau Island ini dapat dicapai dengan menggunakan kereta gantung yang didesain transparan. Bila tak takut ketinggian, perjalanan selama 25 menit dengan kereta gantung itu akan menjadi atraksi yang menarik.

Selain patung Buddha setinggi 27 meter yang menjadi ikon tempat ini, di Ngong Ping Village juga terdapat beragam atraksi wisata, seperti Stage 360 yang menyajikan pertunjukan berdurasi 30 menit tentang proses pembuatan film Bruce Lee dan Ip Man, pertunjukan tai chi atau kungfu, mengunjungi perkampungan nelayan Tai O, serta program team building Silence Motion 360.

Grup MICE yang bertandang ke tempat ini juga dapat memanfaatkan fasilitas function room yang berkapasitas kurang lebih 100 orang. Menilik beragamnya atraksi yang ditawarkan, wajar bila kemudian setiap tahunnya ada dua juta turis yang berkunjung ke Ngong Ping Village.           

Program Insentif

Guna memicu pertumbuhan turis MICE, Meeting & Exhibition Hong Kong (MEHK) memberikan program insentif kepada setiap grup MICE yang hendak bertandang Hong Kong. Meskipun bentuknya bukan berupa uang seperti yang ditawarkan oleh Thailand atau Malaysia, program ini lumayan menarik.

Untuk grup insentif berjumlah 20 peserta, MEHK akan memberikan suvenir gratis, peta pariwisata Hong Kong, dan kupon masuk ke Hong Kong Heritage Museum dan Hong Kong Wetland Park. Untuk grup dalam jumlah besar, mereka akan mendapatkan digital welcome message, suvenir, peta pariwisata Hong Kong, dan memilih salah satu di antara atraksi: marching band, lion dance, atau tur menggunakan helikopter (maksimum 15 orang).

Tawaran menarik juga datang dari sejumlah industri pariwisata di Hong Kong, mulai dari diskon masuk ke sejumlah obyek wisata, diskon makan di sejumlah restoran, dan layanan hospitality di lounge bandara internasional Hong Kong.

Selain memberikan bonus, MEHK juga akan bertindak sebagai konsultan bagi para event planner yang akan menggelar acara di Hong Kong. Salah satu tindakan yang dilakukan MEHK sebagai konsultan ialah memberikan solusi bagi event planner agar biaya perjalanan dapat disesuaikan dengan bujet yang tersedia.    

Penulis: Bayu Hari