Krabi, Perpaduan Dataran Tinggi Dan Pantai Menawan

Friday, 31 July 15   0 Views   0 Comments   Venue

Sudah bosan dengan Phuket, tapi tetap ingin menikmati pantai dengan suasana yang lebih sunyi di Thailand? Krabi bisa menjadi pilihan menarik, apa lagi untuk mereka yang ingin melepas lelah usai mengikuti konvensi di Bangkok. Di provinsi yang beribu kota Krabi Town ini Anda juga tak akan kehilangan suasana pegunungan, lantaran topografinya didominasi dataran tinggi.

Terletak sekitar 800 km dari ibu kota Thailand, kawasan ini bisa ditempuh lewat udara selama 1 jam 45 menit. Jika tak ingin melewatkan pemandangan indah sepanjang perjalanan, Anda bisa mencapai Krabi dengan bus. Setiap hari, sejak pukul 06.30 hingga 20.00, bus-bus siap memberangkatkan Anda dari terminal di Borommaratcha Chonnani Road.

Banyak pilihan aktivitas menanti Anda di Krabi. Jika menyukai tantangan, Anda bisa mencoba panjat tebing di tempat yang sangat terkenal, Rai Le. Anda juga dapat berenang sambil memberi makan ikan di sini atau menyelam. Di Poda, Rang Nok, dan Hua Kwan Anda bisa menikmati ekspedisi kano, snorkelling, dan diving. Pantai fosil Susan HoiKuil Gua Harimau (Tiger Cave) atau Wat Tham Suea, dengan jejak kaki harimau misterius di tengah hutan dalam gua, menarik untuk dikunjungi. Ko Lanta, dengan pantainya yang belum banyak dikunjungi turis, cukup enak untuk bersantai.

Pusat turisme Krabi terletak di Ao Nang, yang sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Semua keramaian berpusat di area Pantai Ao Nang. Di sini Anda bisa menyantap makanan tradisional dan berbelanja sampai puas. 

Bagi turis yang memiliki masa kunjungan cukup panjang, Ao Nang biasanya menjadi titik berangkat menuju pulau atau area lain. Malamnya, mereka baru kembali ke Ao Nang untuk berbelanja, memanjakan lidah dengan makanan yang lezat, atau sekadar menikmati keramaian.

Di sepanjang pantai, biro-biro perjalanan bertebaran. Mereka rata-rata siap mengatur keberangkatan Anda dan menjemput dari hotel menuju tempat wisata. Namun, jika ingin pergi sendiri, Anda bisa menggunakan perahu. Mobil sewaan beserta sopir dan pemandu pun siap menemani Anda berkeliling.

Salah satu tempat favorit di Krabi adalah Koh Phi Phi atau Phi Phi Island yang menawarkan pemandangan laut yang indah dengan pasir putih sepanjang pantainya. Dikenal sebagai Permata Laut Andaman, di sini ada enam pulau di dalamnya, yaitu Phi Phi Don, Phi Phi Leh, Bamboo Island, Yung Island, Bida Nok, dan Bida Nai. Phi Phi menjadi sangat terkenal karena film The Beach yang dibintangi Leonardo di Caprio melakukan syuting di sini, tepatnya di Pantai Maya Phi Phi Le. 

Jika Anda ingin berkunjung ke Koh Phi Phi namun anggaran ketat, Anda sebaiknya tinggal di sekitar Ao Nang saja. Harga kamar di Ko Phi Phi lebih mahal karena biaya operasional yang lebih tinggi. Kebanyakan area di sini belum memiliki sambungan listrik sehingga semuanya menggunakan generator berbahan bakar bensin. Dari Ao Nang ke Phi Phi, Anda bisa menggunakan kapal feri yang berangkat dua kali sehari, yaitu jam 09.00 (via Bamboo Island) dan 10.30, lalu kembali ke Ao Nang pukul 15.30. Waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dengan harga tiket 250 baht per orang untuk sekali jalan.

Sebagai catatan, bila melakukan perjalanan di Thailand, Anda mesti siap dengan berbagai keterlambatan. Anda mungkin mesti menunggu, dan menunggu. Waktu keberangkatan juga harus selalu dipastikan, sebab banyak pengumuman travel agent yang tidak akurat. Biasanya waktu berangkat yang pasti baru diumumkan hanya sejam sebelum kapal benar-benar berangkat. Jika Anda ingin berjalan-jalan ke Phi Phi, pastikan Anda berangkat dengan kapal pertama agar punya waktu cukup lama di sana.

Sebagaimana negara beriklim tropis, Krabi selalu hangat. Tempat ini layak dijadikan pilihan wisata di Thailand.