Lima Gunung Terindah Dunia

Thursday, 03 March 16   0 Views   0 Comments   Venue

Pepatah bijak berkata bahwa perjalanan lebih penting dibandingkan tujuan. Namun, bagi petualang dan pemanjat gunung, kedua hal tersebut sama pentingnya. Lima gunung terindah di dunia berikut menyimpan petualangan bagi setiap pendaki yang haus akan ketinggian.

1. Gunung Khan Tengri, Kazakhstan

Terbentang di tiga negara sekaligus‚??Cina, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan‚??Khan Tengri memiliki tinggi mencapai 7.010 meter. Khan Tengri menawarkan pengalaman visual menakjubkan dengan bias merah bebatuan marmer yang kontras dengan salju di puncak gunung. Untuk mendaki Khan Tengri, diperlukan stamina yang prima. Pasalnya, gunung ini memiliki suhu dingin yang cukup ekstrem dan diperlukan waktu penjelajahan selama 20 hari dengan kontur jalan terjal dan curam. Inilah alasan kenapa banyak pendaki yang melakukan perjalanan ke Khan Tengri pada musim panas.

2. Gletser Matanuska, Alaska

Mendaki Gletser Matanuska di Alaska merupakan pengalaman menantang dengan pemandangan gunung tertutup salju. Pada ketinggian 4.016 meter, Gletser Matanuska Glacier dihiasi gua es, danau dengan air berwarna biru, dan ceruk es. Ia merupakan gletser aktif yang menurut para ahli geologi terbentuk akibat pergerakan lempeng bumi.

3. Gunung Kilimanjaro, Tanzania

Gunung berapi mengingatkan setiap manusia bahwa hidup itu singkat. Ia dapat memuntahkan isi perutnya dan seketika meluluhlantakkan peradaban. Namun, Kilimanjaro adalah salah satu gunung berapi paling spektakuler di dunia. Dengan tinggi 5.895 meter, di sepanjang lereng Gunung Kilimanjaro pendaki akan menemui hampir semua biota bumi, termasuk dataran rendah tropis hingga hutan pinus. Gunung ini juga menjadi rumah bagi 179 jenis burung dan 140 spesies mamalia, termasuk beberapa primata. Kabar baiknya, siapa pun bisa menaklukkan Kilimanjaro. Itu sebabnya ia dijuluki “Every man Everest” alias gunung bagi semua orang. Pasalnya, Kilimanjaro memiliki derajat kemiringan yang cukup mudah ditaklukkan pendaki pemula.

4. Gunung Iztaccihuatl, Meksiko

Gunung selanjutnya yang layak untuk ditaklukkan adalah dua gunung berapi raksasa di Meksiko, yaitu Popocatepetl dan Iztaccihuatl. Konon, kedua gunung ini menggambarkan kisah tragis percintaan Suku Aztec. Popocatepetl merupakan prajurit muda pemberani, sedangkan Iztaccihuatl adalah putri raja. Hubungan keduanya dianggap tidak layak karena perbedaan status sosial yang membuat raja mengirim Popocatepetl ke medan perang. Kabar kematian Popocatepetl di medan perang membuat Iztaccihuatl patah hati dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Dewa yang menaruh belas kasih kepada pasangan ini kemudian mengabadikan jiwa mereka dalam sebuah gunung berapi kembar yang bermakna tidak terpisahkan.

Iztaccihuatl memiliki tinggi 5.286 meter dan berjarak sekitar 40 mil (64 kilometer) dari Mexico City. Dalam bahasa Aztec, Iztaccihuatl berarti perempuan kulit putih. Bila dilihat dari timur atau barat, gunung ini akan tampak seperti seorang perempuan yang tengah tertidur, dengan kepala (La Cabeza), payudara (El Pecho), dan bagian tubuh lain sejajar. Dari puncak Iztaccihuatl, pendaki dapat melihat dengan jelas Gunung Popocatepetl yang hingga kini masih sering meletus.

5. Gunung Blanc, Perancis

Dari semua petualangan pendakian, Mont Blanc adalah yang paling klasik. Membentuk “atap Eropa”, Mont Blanc memiliki tinggi sekitar 4.808 meter yang menjadikannya sebagai salah satu keajaiban alam yang terhampar di perbatasan Perancis dan Italia. Seperti gunung lainnya yang tertutup salju, bersiaplah menghadapi cuaca ekstrem di Mont Blanc. Pemerintah Perancis menjadikan Mont Blanc sangat ramah bagi wisatawan. Apabila Anda enggan mendaki, tersedia kereta gantung yang dibangun pada 1955. Dari Chamonix, kereta berkapasitas 66 orang akan membawa wisatawan bertualang hingga ke d’Aiguille dengan ketinggian 3.776 di atas permukaan laut.

Penulis: Siska Maria Eviline