Agrinex Expo 2017 Hadir untuk Memberikan Inspirasi

Saturday, 01 April 17   14 Views   0 Comments   Venue

Pameran pertanian Indonesia kembali dihelat oleh Performax bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor bertajuk Indonesia International Agrinex Expo. Acara tersebut digelar pada 31 Maret hingga 2 April 2017 di Jakarta Convention Center. Penyelenggaraan Indonesia International Agrinex Expo 2017 yang ke-11 kalinya tersebut menghadirkan rangkaian acara menarik yang sayang untuk dilewatkan bagi pelaku, stakeholder, akademisi, hingga masyarakat umum yang mempunyai ketertarikan pada dunia pertanian.

Frida Ammarina, Direktur Utama Performax, menyatakan, pelaksanaan Indonesia International Agrinex Expo 2017 tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan di tahun sebelumnya, yakni masih menyasar pada edukasi yang dikhususkan bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Produk-produk yang ditampilkan di Indonesia International Agrinex Expo 100 persen berasal dari dalam negeri, seperti sayur-sayuran, biji-bijian, tanaman, buah-buahan, produk makanan, dan minuman.

“Pihak penyelenggara ingin ajang ini menjadi ajang memajukan produk lokal. Kalau ada produk impor yang hadir di sini saya akan tolak. Jadi, tidak soal jualan,  Agrinex Expo 2017 bertujuan agar para pengunjung bisa mendapatkan ilmu pengetahuan bagaimana cara menanam yang baik, mengelola, dan bahkan menumbuhkan jiwa wirausaha di bidang pertanian dan lainnya. Intinya adalah pameran ini adalah wadah untuk mendapatkan inspirasi,” kata Frida.

Frida menambahkan, yang juga menarik di acara ini adalah panitia menghadirkan kelas memasak yang dilakukan oleh dua hotel, yakni Hotel Borobudur Jakarta dan Hotel Sahid Jaya. “Pada kelas memasak ini para chef dari kedua hotel tersebut akan mengajarkan cara membuat masakan yang enak dan sehat. Menariknya, bahan masakan yang digunakan juga tidak boleh dari luar negeri, tetapi harus produk dalam negeri,” kata Frida.

Panitia juga menyiapkan tiga panggung yang digunakan untuk talk show yang menghadirkan beberapa pembicara ahli di bidang pertanian maupun pengusaha yang bisa menginspirasi masyarakat. Talk show tersebut diharapkan bisa menanamkan jiwa wirausaha kepada kalangan akademisi maupun masyarakat.

Selain itu, pengunjung pameran juga dapat menikmati beragam acara lain, seperti demo merangkai bunga, demo green smooties organic, agriculture digital application competition & demo, hingga permainan dan kuis. Perhelatan Indonesia International Agrinex Expo 2017 menempati lahan seluas 4.000 meter persegi. Acara ini diikuti 200 peserta dengan jumlah stan mencapai 117 buah. Panitia menargetkan selama acara ini berlangsung akan didatangi  50.000 orang. Pengunjung yang ingin ke pameran pertanian ini pun tidak dipungut biaya.

Penulis: Ahmad Baihaki