Anugerah Pesona Indonesia 2017 Tambah Lima Kategori Baru

Tuesday, 06 June 17   37 Views   0 Comments   Harry Purnama
Anugerah Pesona Indonesia 2017
Air Terjun Tumpak Sewu di Kab. Lumajang masuk sebagai nominasi Kategori Surga Tersembunyi Terpopuler. Foto: Venuemagz/Erwin

Indonesia memiliki ratusan—bahkan ribuan—destinasi wisata dan atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan. Namun, tak semua obyek wisata tersebut terpromosikan dengan baik mengingat pemerintah hanya memprioritaskan 10 destinasi pariwisata yang dianggap telah siap untuk menyambut wisatawan. Karena itulah, untuk mempromosikan destinasi serta atraksi wisata yang kurang populer, portal ayojalanjalan.com bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Pertamina Retail kembali menyelenggarakan penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017.

Acara ini diadakan pertama kali pada tahun 2016. Pada tahun lalu, Anugerah Pesona Indonesia hanya memberi penghargaan untuk 10 kategori, dan pada tahun ini meningkat menjadi 15 kategori. Dengan adanya penambahan jumlah kategori tersebut, maka jumlah nominasi yang berpartisipasi dalam ajang ini mencapai 150 nominasi dari 34 provinsi, 77 kabupaten, dan 34 kota. Adapun ke-15 kategori tersebut adalah:

  1. Surga Tersembunyi Terpopuler
  2. Obyek Wisata Bersih Terpopuler
  3. Situs Sejarah Terpopuler
  4. Makanan Tradisional Terpopuler
  5. Tempat Menyelam Terpopuler
  6. Tempat Berselancar Terpopuler
  7. Atraksi Budaya Terpopuler
  8. Festival Pariwisata Terpopuler
  9. Dataran Tinggi Terpopuler
  10. Tujuan Wisata Baru Terpopuler
  11. Kampung Adat Terpopuler
  12. Minuman Tradisional Terpopuler
  13. Obyek Wisata Belanja Terpopuler
  14. Obyek Wisata Unik Terpopuler
  15. Promosi Pariwisata Digital Terpopuler

Nanda Satria Azwar, Ketua Penyelenggara Anugerah Pesona Indonesia 2017, mengatakan, ada lima tahap kegiatan Anugerah Pesona Indonesia 2017, yaitu perumusan kategori dan seleksi nominasi, sosialisasi dan kampanye nominasi, masa pemungutan suara dari Juni hingga Oktober 2017, malam penghargaan pada November 2017, dan post event untuk persiapan Anugerah Pesona Indonesia 2018.

“Pada tahun lalu jumlah voters mencapai 50.000 orang. Pada tahun ini sejak dibuka voting pada 1 Juni hingga sekarang (5 Juni) sudah masuk 11.000 voters. Kami optimistis tahun ini akan mencapai 500.000 voters,” ujar Nanda.

Adapun cara untuk memberikan voting ada dua, yakni secara online dengan mengunjungi portal www.anugerahpesonaindonesia.com atau www.ayojalanjalan.com/vote dan melalui SMS ke nomor 99386 dengan tarif Rp2.200 per SMS.

Putu Ngurah, Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, mengatakan, Anugerah Pesona Indonesia memberikan apresiasi kepada teman-teman di daerah dalam menjaga pariwisatanya. “Sebab, membangkitkan pariwisata berarti membangkitkan perekonomian,” ujar Putu.