APKASI Otonomi Expo 2017 Mendorong UMKM Daerah agar Lebih Maju

Thursday, 20 July 17   11 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
APKASI Otonomi Expo
Foto: Venuemagz/Ahmad

APKASI Otonomi Expo International Trade & Investment 2017 hadir kembali di Jakarta Convention Center pada 19-21 Juli 2017. Acara yang memasuki perhelatan yang ke-13 kalinya ini berganti nama dari APKASI International Trade and Investment Summit menjadi APKASI Otonomi Expo International Trade & Investment. Pameran ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang bertujuan menyukseskan program pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah melalui perdagangan dan investasi.

Mardani H. Mamin, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) mengatakan,  pelaksanaan APKASI Otonomi Expo International Trade & Investment 2017 ini diharapkan dapat mendatangkan investor ke daerah masing-masing. Selain itu, pameran ini juga bertujuan mementingkan UMKM yang ada di daerah untuk bisa memasarkan produk-produknya di internasional.

(Baca juga: Borobudur International Festival Perkuat Brand Java Cultural Wonders)

“Para pengunjung maupun peserta bisa bertemu dengan pelaku usaha lainnya dengan memanfaatkan pameran ini sebaik-baiknya karena UMKM yang ada dari seluruh kabupaten Indonesia berkumpul di sini. Dan diharapkan dengan adanya pameran ini UMKM dari daerah bisa belajar dengan daerah yang sudah maju,” ujar Mardani.

Nurdin Abdullah, Sekjen APKASI, mengatakan, dalam memajukan UMKM yang ada di daerah, kendala yang dihadapi adalah soal kemasan, kontinuitas, dan menjaga kualitas produk. Menurutnya, apabila seluruh daerah yang ada di Indonesia dapat mengatasi ketiga hal itu, Indonesia bisa membenahi kendala yang dihadapi untuk pemasaran di internasional. “Dengan adanya pameran ini mudah-mudahan Indonesia bisa menjadi salah satu produsen yang bisa men-supply dunia,” kata Nurdin.

APKASI Otonomi Expo International Trade & Investment 2017 diikuti 320 kabupaten yang menampilkan beragam produk, seperti kain, batik, aksesori, potensi pariwisata, hingga produk makanan dan minuman. Panitia menargetkan acara ini akan dikunjungi 10.000 orang, serta bisa mendatangkan investor dari 18 negara. APKASI Otonomi Expo International Trade & Investment 2017 menghadirkan pameran, workshop, business matching, pemilihan Puteri Otonomi 2017, tarian daerah, serta stand up comedy.