Arief Yahya Luncurkan Wonderful Morotai Island 2016

Thursday, 02 June 16   4 Views   0 Comments   Venue

Untuk mendorong percepatan pengembangan destinasi wisata Morotai menuju kelas dunia dan berdaya saing internasional, Kementerian Pariwisata meluncurkan “Wonderful Morotai Island 2016”. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan event ini merupakan ajang promosi agar dapat menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia, terutama ke Morotai.

Arief Yahya mengungkapkan, ajang Wonderful Morotai Island 2016 bertujuan mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia. Pulau Morotai menjadi salah satu destinasi yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai 10 destinasi prioritas pariwisata. 

Dalam acara Wonderful Morotai Island 2016, Pemkab Pulau Morotai juga akan mengadakan rangkaian acara lain dari Maret hingga Desember 2016, di antaranya Festival Budaya, Festival Desa Pesisir, Festival Pulau Dodola, dan Festival Perang Dunia II. Acara ini mengombinasikan wisata alam, wisata bahari, dan wisata budaya yang ada di Pulau Morotai.

Pada Festival Desa Pesisir akan diadakan lomba maraton, lomba selancar, lomba dayung rakit, lomba pembuatan film pendek, dan International Tour De Morotai Pasifik. Sementara itu, pada Festival Pulau Dodola menyajikan berbagai kegiatan, seperti panggung malam hiburan rakyat, lomba layang-layang bahari, lomba selam tingkat nasional, lomba perahu dayung, lomba perahu canga, kunjungan yacht, konservasi laut, dan konservasi bawah laut.

Pada Festival Jejak Perang Dunia II akan diisi dengan silaturahmi keluarga veteran Perang Dunia II, musikalisasi puisi, pesona seribu lampion, pesona seribu lilin, serta napak tilas jejak Perang Dunia II. Sementara itu, untuk Festival Budaya akan diadakan kirab budaya bahari, pawai pembangunan, pemilihan duta wisata 2016, lomba musik yanger, dan lomba tari tradisional.

Weni Paraisu, Bupati Morotai, mengatakan, Morotai dapat diakses melalui Bandara Leo Mattimena. Selain itu, lebih dari 200 hotel, termasuk resor, juga sudah disiapkan untuk acara Wonderful Morotai Island 2016. 

“Kita akan jadikan Wonderful Morotai Island 2016 ajang untuk promosi pariwisata. Selain itu, diharapkan melalui kegiatan seperti ini akan mendatangkan banyak keuntungan, khususnya masyarakat dari Pulau Morotai agar dapat meningkatkan perekonomiannya. Ada 73.000 penduduk yang membutuhkan pembangunan untuk kehidupan yang layak,” kata Weni.

Weni mengatakan, Wonderful Morotai Island 2016 ditargetkan dapat menarik hingga 5.000 wisatawan mancanegara maupun domestik. Wonderful Morotai Island 2016 akan dilaksanakan pada 26 September hingga 20 Oktober 2016.

Penulis: Ahmad Baihaki