Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas Gelar Kongres di Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017

Friday, 22 September 17   13 Views   0 Comments   Harry Purnama
Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas

Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) pada 22 September 2017 menggelar kongres pertamanya yang bertajuk “Memantapkan Kontribusi APIC Untuk Mencerdaskan Kehidupan  Bangsa” di Nusantara Hall, ICE BSD, Tangerang dalam acara Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017.

Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas merupakan forum penggiat Smart City sebagai fasilitator bertemunya para peneliti, pengembang, pembuat kebijakan, dan para stakeholder terkait dalam penggunaan TIK dan Smart City. Kongres APIC ini bertujuan sebagai konsolidasi pengurus dan anggota APIC menjadi curah pandangan terkait persoalan pembangunan kota, mencari solusi cerdas dalam mengatasi persoalan kota, dan menghasilkan rumusan rekomendasi APIC untuk pemangku kepentingan. Kongres Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas merupakan bagian dari supporting event Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 yang telah berlangsung sejak tanggal 14 hingga 24 September 2017 di Hall 5, 6, 7 ICE BSD, Tangerang.

Kongres Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas pada pagi hari ini diawali dengan sambutan dari Ketua APIC, Prof. Suhono Harso Supangkat, yang dilanjutkan dengan panel diskusi yang bertemakan “Tantangan Pembangunan Infrastruktur dan Lingkungan Cerdas”. Pada diskusi panel kali ini, hadir para panelis antara lain adalah Dr. Arie Setiadi Moerwanto, M.Sc, Dirjen Bina Marga Kementerian Perumahan Umum dan Pekerjaan Rakyat Republik Indonesia; Dr. Ahmad M. Ramli, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia; Alex J. Sinaga, Direktur PT Telkom Indonesia; Haryanto, Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Barat PLN; Emil E. Dardak, Bupati Trenggalek (Dewan Penata Kelola APIC); dan Kemal Azis Stamboel, Dewan Pembina APIC.

Kongres dilanjutkan dengan focus group discussion yang dibagi dalam enam kompartemen, yaitu kompartemen smart citizen; smart healthcare; smart safety, security, and disaster management; smart economy, smart tourism and culture; dan smart energy and environment. Kongres APIC ditutup dengan plenary meeting dan wrap meeting.

Selain Kongres APIC, memasuki hari ke-9 pelaksanaan IFC & REI Mega Expo 2017, kemeriahan masih terus hadir di Hall 5, 6, 7 di ICE BSD. Hari ini penyanyi cilik multi talenta, Naura, hadir menghibur seluruh pengunjung IFC & REI Mega Expo 2017 di panggung utama Hall 6. Anak pertama pasangan Nola dan Baldy ini akan membawakan beberapa lagu andalannya, seperti “Setinggi Langit” dan “Untuk Tuhan”. Penyanyi yang bernama lengkap Adyla Rafa Naura Ayu ini juga memiliki adik kecil yang memiliki talenta menyanyi yang tidak kalah bagusnya, bernama Neona. Neona akan menghibur para pengunjung di hari Sabtu, 23 September 2017, serta ada juga penampilan dari mantan vokalis Dewa 19, Ari Lasso, di hari dan panggung yang sama.

Hiburan yang disajikan selama IFC & REI Mega Expo 2017 ini merupakan kegiatan yang mendukung konsep smart city, di mana dalam konsep smart city, kegiatan seni dan budaya sangat diapresiasi karena merupakan keunggulan yang dapat diangkat untuk menjadi nilai tambah bagi kota/kabupaten yang bersangkutan. Kegiatan seni dan lagu menunjukkan semangat manusia cerdas dan komunitas cerdas dalam mengembangkan bakat generasi mudanya sebagai sarana berekspresi serta mendukung ekonomi kreatif.

Rangkaian supporting event pameran properti terkini, IFC & REI Mega Expo 2017, masih akan memeriahkan suasana pameran pada Sabtu, 23 September 2017 dengan akan diselenggarakannya C-GEN Festival 2017. C-Gen Festival merupakan salah satu acara tahunan dan terbesar C-GEN Indonesia yang bertujuan untuk membentuk C-GEN manajemen kota dari berbagai wilayah di Indonesia. Program dan role model dari masing-masing kota akan dipresentasikan dalam C-GEN Festival 2017. Selain festival, akan diselenggarakan juga C-GEN seminar, exhibition, dan summit & performance creativity stage. C-GEN ini sendiri merupakan bentukan dari Yayasan Cipta Generasi Indonesia dan tersebar di 13 kota di Indonesia.

Pameran IFC & REI Mega Expo 2017 masih akan terus berlangsung hingga 24 September 2017. Terdapat banyak penawaran menarik untuk para pengunjung yang ingin mencari hunian atau investasi properti dengan menghadirkan lebih dari 200 developer terkemuka, antara lain Sinarmas Land, PP Properti, Waskita Karya Realty, Ciputra Group, Agung Podomoro Land, Wika Realty, Agung Sedayu Group, Summarecon, Adhi Karya, Paramount Land, Jasa Marga Properti, Sentul City, Alam Sutera, Synthesis, dan masih banyak lagi. Serta dapatkan juga berbagai penawaran yang ditawarkan, antara lain DP 0%, cashback hingga Rp20 juta, diskon sampai dengan Rp50 juta, gratis biaya surat izin huni, hadiah langsung iPhone 7, Samsung Galaxy Note 8, dan tiket pesawat, serta hadiah menarik berupa Mercedes Benz, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan motor Honda Beat.

Pameran ini gratis dan terbuka untuk umum. Pengunjung hanya perlu melakukan registrasi di Hall 5. Pengunjung yang telah melakukan registrasi berkesempatan untuk memenangkan lucky draw. Bagi pengunjung yang ingin datang ke pameran, dapat menggunakan shuttle bus secara cuma-cuma yang tersedia di mal-mal sebagai berikut: Gandaria City, fX Sudirman, Senayan City, Mall Kelapa Gading, Metropolitan Mall, Central Park, Tamini Square, dan AEON.