Babel Adakan Festival Pesona Serumpun Sebalai

Monday, 18 July 16   0 Views   0 Comments   Venue

Pada 15 Juli 2016, Kementerian Pariwisata bersama Pemerintah Provinsi Bangka Belitung meluncurkan Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016. Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara ini akan berlangsung pada tanggal 20-26 Juli 2016 di Alun-Alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Bangka. Festival ini akan melibatkan sekitar 20 provinsi lain.

Istilah Serumpun Sebalai merupakan filosofi masyarakat Bangka Belitung yang menggambarkan semangat kebersamaan dan gotong royong yang sampai sekarang tetap hidup dan diterapkan oleh masyarakat Bangka Belitung. Kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain Festival Seni Tradisi Bangka Belitung, Seleksi Tari Serumpun Sebalai, Festival Tari Nusantara, penampilan artis ibu kota, pertunjukan musik, sulap, dan Parade Tari Nusantara.

“Masing-masing provinsi akan menampilkan tarian tersendiri. Hadiah yang diperebutkan mencapai Rp84 juta,” ujar Rustam Effendi, Gubernur Bangka Belitung.

Pelaksanaan Festival Serumpun Sebalai Nusantara ini bertujuan untuk mempromosikan Provinsi Bangka Belitung sebagai destinasi pariwisata unggulan. Rustam menargetkan penyelenggaraan Festival Serumpun Sebalai Nusantara ini akan memikat 2.500 wisatawan nusantara dan 100 wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Sementara itu, untuk target kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung sendiri adalah 500.000 wisman pada 2019.

“Untuk tahun ini sendiri targetnya adalah dua juta wisatawan nusantara dan 10.000 wisatawan mancanegara. Tapi, Bangka Belitung ini targetnya sudah tercapai 80 persen akibat pelaksanaan gerhana matahari total kemarin,” ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia.

Untuk tahun depan, Rustam Effendi berharap Festival Pesona erumpun Sebalai ini akan meningkat skalanya menjadi internasional.

Penulis: Harry Purnama