Bali Japan Matsuri 2017 Digelar Perdana

Thursday, 27 July 17   0 Views   0 Comments   Nila Sofianty
Foto: Venuemagz/Nila

Untuk kali pertama, perhelatan kolaborasi budaya Jepang dan Indonesia bertajuk Bali Japan Matsuri dilangsungkan untuk mempererat hubungan kedua negara melalui seni dan budaya. Acara yang berlangsung selama pada 22-23 Juli ini diselenggarakan oleh API Magazine dan Ayodya Resort Bali, dengan target dihadiri sekitar 5.000 pengunjung.

Menurut Rini Hertamawari dari API Magazine, selain untuk mempererat hubungan Jepang dan Indonesia lewat seni dan budaya, acara ini juga bertujuan untuk memeriahkan suasana liburan keluarga di Bali. “Tahun ini untuk pertama kalinya Bali Japan Matsuri diselenggarakan, bertempat di Grand Ballroom Ayodya Resort Bali yang terletak di kawasan pariwisata ITDC Nusa Dua guna memeriahkan suasana liburan keluarga,” ujar Rini.

Rini menambahkan, salah satu yang melatarbelakangi acara ini adalah Indonesia dan Jepang memiliki hubungan yang erat dalam sejarah, ekonomi, dan kebudayaan. “Saat ini, semakin banyak masyarakat yang tertarik terhadap budaya Jepang dan Indonesia. Bukan hanya festival tentang budaya Jepang, tetapi masyarakat juga tertarik workshop mengenai kerajinan dan seni dari Indonesia, seperti origami, batik, ikebana, bon odori, tarian Indonesia, dan seni graffiti Indonesia,” ujar Rini.

Di acara ini, pengunjung akan mendapatkan banyak informasi tentang Jepang dari The Japan Foundation, seperti budaya Jepang, promo tiket murah ke Jepang, bersekolah di Jepang, dan masih banyak lagi. Selama acara ini berlangsung, terdapat beberapa karakter dengan kostum anime berkeliling untuk menyemarakkan acara, dan pengunjung juga bisa berfoto di Wall of Fame bersama Cosplayer.

Tak hanya itu, tersedia juga makanan khas Jepang, yaitu ramen, di mana para koki akan berkompetisi membuat ramen paling enak dan lezat. Beberapa aktivitas lain yang ada di acara ini seperti Graffiti Art, Cosplay Photo Contest, Performance Cosplay, WAG43 Dance, Tuna Cutting Fish Performance, Japanese Corner, games, door prize, dan Cinema Caravan dari The Japan Foundation.

Fashion show dari IFC (Indonesian Fashion Chamber) dan Semarak Seni Persada (SSP) Solo menjadi puncak acara. Ini merupakan perpaduan fashion budaya Indonesia dan Jepang.