Batik Bordir & Aksesoris Fair 2017 Diharapkan Bersaing di Pasar Global

Monday, 15 May 17   10 Views   0 Comments   Jefri Yulianto
Batik Bordir & Aksesoris Fair 2017
Foto: Venuemagz/Jefri

Perhelatan Batik Bordir & Aksesoris Fair 2017 yang ke-12 kalinya sukses diselenggarakan di Surabaya pada 10 Mei hingga 14 Mei 2017. Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, mengatakan, acara ini diharapkan bisa bersaing di pasar global.

Dadan Kushendarman, Direktur Utama PT Debindo Mitra Tama selaku penyelenggara Batik Bordir & Aksesoris Fair, mengatakan, acara ini diikuti 219 peserta perwakilan UKM dari 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, BUMN, dan BUMD. Acara ini bertujuan mengapresiasi dan memberi kesempatan kepada pelaku usaha serta perajin batik dan bordir.

“Tujuannya agar kain batik lebih dikenal secara global dan mempunyai nilai jual dengan berbagai corak batik masing-masing daerah. Diharapkan juga mereka akan mendapatkan penawaran harga lebih baik dari produsen luar negeri seiring tren produk pewarna alam dapat bersaing dibanding batik warna sintetis,” ujar Dadan.

Dadan menambahkan, target omzet perhelatan Batik Bordir & Aksesoris Fair 2017 adalah Rp7 miliar, meningkat dari pendapatan tahun lalu yang mencapai Rp6,8 miliar. “Kami juga berupaya menarik lebih banyak pengunjung sebanyak 55.000 orang pada tahun ini, meningkat dari tahun lalu yang mencapai 48.000 orang memadati pameran,” ujar Dadan.

Batik Bordir & Aksesoris Fair 2017 diselenggarakan bekerja sama dengan Disperindag Jawa Timur, Dekranasda Jawa Timur, Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Jawa Timur, PERABA, Asosiasi Perajin Batik Jawa Timur (APBJ), dan Perkumpulan Pengusaha Bordir (Persadir) Jawa Timur.

Dalam pameran kali ini juga ada beragam produk fashion dengan motif dan desain etnik maupun modern hingga aksesori terkini serta batu permata dari luar Jawa Timur. Selain pameran, acara ini juga akan menampilkan daily fashion show, talk show kecantikan, talk show kesehatan wanita dan anak, workshop bordir, lomba mewarnai, dan lelang batik.