Berbagai Komunitas Pencinta Hewan Ramaikan Indo Pet Expo 2017

Friday, 08 September 17   45 Views   0 Comments   Harry Purnama
Indo Pet Expo 2017

Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) kembali menyelenggarakan pameran hewan Indo Pet Expo untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut. Pameran yang bekerja sama dengan Mavic Media Indonesia selaku pelaksana acara ini berlangsung pada 8 hingga 10 September 2017 di Hall 3 dan 3A ICE BSD City.

Sejak pelaksanaan pertama pada tahun 2015, jumlah pengunjung yang hadir terus bertambah. Hal tersebut mengindikasikan bahwa masyarakat banyak yang memiliki hobi memelihara hewan. Pada pelaksanaan Indo Pet Expo 2016, jumlah pengunjung yang hadir mencapai 27.000 orang dan sekitar 3.000 hewan peliharaan dipamerkan.

Indo Pet Expo 2017 mengusung tema “Promoting Responsible Care For Your Pet’s Welfare”. “Melalui tema ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan meningkatkan komitmen para pemilik hewan, khususnya hewan yang ketergantungan terhadap manusia, agar bertanggung jawab terhadap keberlangsungan hewan peliharaannya,” ujar Drh. Wiwiek Bagja, Ketua Panitia Indo Pet Expo 2017.

Acara ini akan mempertemukan para pehobi hewan peliharaan dengan berbagai pihak penyedia berbagai keperluan hewan, mulai dari penyedia makanan hewan, produk-produk untuk hewan, layanan kesehatan hewan, pet grooming, dan sebagainya. Pameran ini diikuti lebih dari 150 peserta, dan beberapa di antaranya berasal dari luar negeri, seperti Italia, Jepang, Cina, Hong Kong, dan Taiwan.

Tak hanya penyedia produk dan jasa yang menjadi peserta, Indo Pet Expo 2017 juga menghadirkan berbagai komunitas pencinta hewan yang akan berbagi pengalaman serta memberikan edukasi kepada anak-anak sekolah, seperti Amazing Dog Race, Indonesian Cat Association (ICA), Indonesian Parrot Lovers, Komunitas Pencinta Sugar Glider Indonesia (KPSGI), Indonesian Rabbit Society, dan Hedgehog Lover Indonesia.

Pelaksanaan Indo Pet Expo 2017 akan menghadirkan sesuatu yang berbeda dari pelaksanaan tahun sebelumnya, yakni bertambahnya jumlah komunitas yang hadir, antara lain Tarantula Keepers Indonesia, Jumbo Keong Indonesia, Forum Tanaman Karnivora Jawa Timur (Tavor), Perkumpulan Pemerhati Musang Indonesia, Aspera, Komunitas Otter Indonesia, dan Horse World yang menampilkan beragam kuda mini.

Tak hanya pameran, pada Indo Pet Expo 2017 juga akan ada talk show, salah satunya mengenai konservasi satwa liar. Akan ada juga konferensi ilmiah kesehatan hewan bagi para profesional bidang kesehatan hewan.

Sigit Priohutomo, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, mengatakan, ada tiga hal yang diharapkan dari perhelatan acara ini. Pertama, meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap hewan dan satwa. Kedua, adanya diskusi ilmiah yang terkait kesehatan hewan dan manusia yang hasilnya diharapkan dapat berguna bagi masyarakat. Ketiga, menjadi sarana edukasi dan hiburan bagi masyarakat untuk mereka mencintai hewan serta edukasi agar masyarakat dapat hidup sehat bersama hewan peliharaannya.

Para pengunjung juga diperbolehkan membawa hewan peliharaan mereka ke dalam area pameran. Namun, sebelum memasuki area pameran, hewan-hewan tersebut terlebih dahulu akan diperiksa kesehatannya oleh para dokter dari PDHI. Para pengunjung juga bisa memeriksakan kesehatan hewannya atau sekadar konsultasi di klinik hewan dan rumah sakit yang tersedia gratis. Untuk tiket masuk, dikenakan harga Rp30.000 untuk dewasa dan Rp20.000 untuk anak-anak.