BKT 5K Festival 2015, Lomba Lari Di Pinggir Sungai

Monday, 21 September 15   22 Views   0 Comments   Venue

Kementerian Pariwisata bersama dengan Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) berencana untuk mempromosikan wisata sungai di wilayah DKI Jakarta, tepatnya di kawasan Banjir Kanal Timur (BKT). Untuk mempromosikan kawasan di area Jakarta Timur ini, Kementerian Pariwisata dan BPPI akan mengadakan lomba lari bertajuk “BKT 5K Festival” yang berpusat di Jalan Jendral RS Soekanto, Cipinang, Jakarta Timur.

Acara fun run yang dipromotori oleh Inspiro ini akan dilaksanakan pada Minggu, 27 September 2015. Selain akan ada acara lari sepanjang lima kilometer mengitari kawasan Banjir Kanal Timur, akan ada juga bazar kuliner serta sentra UKM dari masyarakat yang bermukim di sekitar Banjir Kanal Timur. Tentunya juga akan ada door prize dan hadiah-hadiah menarik bagi para peserta fun run tersebut.

“Area Banjir Kanal Timur ini punya potensi sebagai destinasi wisata di DKI Jakarta. Dengan membuat acara lari bisa membantu mempromosikan Banjir Kanal Timur kepada warga Jakarta,” ujar Fathul Bahri, Direktur Eksekutif BPPI. “Fun run ini diperkirakan akan diikuti oleh 1.000 orang. Acara ini kami gratiskan karena kami ingin seluruh warga sekitar Banjir Kanal Timur juga bisa mengikuti acara olahraga ini dengan riang gembira,” tambahnya.

Ndang Mawardi, CEO Inspiro, yang juga menjadi promotor Jakarta Marathon 2015 pada Oktober mendatang, mengatakan, Jakarta BKT 5K Festival adalah bagian dari Jakarta Marathon juga. “Bisa dibilang ini road to Jakarta Marathon. Kalau biasanya lomba lari itu fokusnya di Monas, Bundaran HI, atau Senayan, kali ini kami mau coba bawa ke Jakarta Timur, lebih tepatnya di Banjir Kanal Timur yang kurang mendapat perhatian,” jelas Ndang.

Menurutnya, BKT adalah kawasan yang cukup menarik di DKI Jakarta. “Di sini banyak terdapat sentra UKM dan pedagang kuliner. Inilah yang akan kita tampilkan di Jakarta BKT 5K Festival 2015 nanti,” ujarnya.

BKT merupakan rencana kerja khusus untuk menangani banjir di wilayah DKI Jakarta, terutama di kawasan Timur dan Utara. BKT memiliki panjang 23,5 kilometer dengan kedalaman 4-7 meter. Kanal ini membentang dari Cipinang di Jakarta Timur hingga kawasan Marunda di Jakarta Utara, yang berperan sebagai saluran kolektor yang memotong empat sungai: Cipinang, Sunter Buaran, Jati Kramat, dan Cakung. Dengan luas area tersebut, Kementerian Pariwisata dan BPPI melihat peluang dan potensi wisata baru untuk nantinya menjadikan BKT sebagai tempat wisata dengan area olahraga, kuliner, dan wisata sungai.

Penulis: Hanifah Mutiara Sylva