Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 Dihadiri Banyak Pelajar

Monday, 06 November 17   6 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
Canon PhotoMarathon Indonesia 2017

Ajang kompetisi fotografi di Indonesia bertajuk Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 kembali diselenggarakan di Baywalk Mall Pluit Jakarta pada 4 November 2017. PT Datascrip selaku penyelenggara menyiapkan hadiah utama perjalanan ke Jepang sekaligus mengikuti kompetisi foto antarnegara. Selain itu, panitia juga menyiapkan hadiah perjalanan dalam negeri ke Padang yang dilakukan sebagai wujud kemitraan dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam memajukan destinasi wisata Indonesia.

Merry Harun, Canon Division Director PT Datascrip, mengatakan, Canon PhotoMarathon Indonesia 2017  merupakan perhelatan yang ke-9 kalinya. Acara ini dihadiri peserta dari berbagai daerah di Indonesia serta dari berbagai kalangan.

“Acara kali ini diikuti 1.500 peserta, belum termasuk pendaftar pada saat on the spot. Kalau dianalisa, kalangan pelajar yang lebih banyak,” ujar Merry.

“Tujuan utama diadakannya acara ini tentunya adalah lomba foto. Canon PhotoMarathon Indonesia adalah lomba foto on the spot yang langsung dilakukan pada saat itu, dinilai pada saat itu, dan diumumkan pemenangnya di hari itu juga. Maka dari itu dinamakan Canon PhotoMarathon Indonesia,” ujar Merry.

Selain itu, tujuan yang kedua diadakannya acara ini adalah agar industri fotografi di Indonesia lebih maju. “Tidak sekadar berburu hadiah yang sangat menarik, peserta juga berkumpul dan mendapatkan teman baru sesama pencinta fotografi, serta ajang berbagi pengalaman dengan fotografer lain,” kata Merry.

Pada acara tersebut, para peserta diharuskan menghasilkan foto dalam waktu yang telah ditentukan, yakni sekitar satu jam. Adapun foto yang diambil harus mengikuti tema yang telah ditentukan, yakni “Milenial”, “Lekukan”, dan “Target”. Acara di Jakarta tahun ini semakin meriah dengan hadirnya artis muda Maudy Ayunda dan Adila Fitri yang menghibur para peserta dengan lagu-lagunya.

Yang istimewa pada perhelatan tahun ini adalah panitia menghadirkan kategori khusus untuk Instagram. “Menjawab keinginan dan antusiasme teman-teman pencinta foto di berbagai daerah yang belum bisa mengikuti acara ini karena terpaut oleh jarak yang jauh, tahun ini kami membuka kesempatan bagi para pencinta foto di mana saja untuk bisa mengikuti dan merasakan tantangan Canon PhotoMarathon secara daring melalui Instagram,” ujar Sintra Wong, Division Manager of Canon Image Communication Product PT Datascrip.

Adapun dewan juri pada Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 adalah Darwin Wu (fotografer profesional dan instruktur fotografi), Ed Wray (fotografer profesional dan pewarta foto), Emil Mandiraatmadja, (Creative Team Coordinator PT Datascrip), Harry Reynaldi (instruktur fotografi), Misbachul Munir (fotografer profesional dan instruktur fotografi), Peksi Cahyo (fotografer profesional dan pewarta foto), Risman Marah (fotografer profesional dan instruktur fotografi), dan Yulianus Ladung (fotografer profesional).

Setelah Jakarta, Canon  PhotoMarathon Indonesia 2017 akan berlanjut ke kota Yogyakarta pada 12 November 2017. Canon melalui Datascrip akan terus mendukung dan mengembangkan dunia fotografi Indonesia dengan berbagai kegiatan, termasuk mendorong generasi muda agar bisa mengembangkan bakat dan kreativitasnya secara positif. Merry berharap, Canon PhotoMarathon Indonesia bisa terus terlaksana sebagai benchmark untuk fotografi Indonesia.