Etape II International Musi Triboatton Milik Sumbar dan DKI

Friday, 13 May 16   1 Views   0 Comments   Venue

Kecamatan Muara Kelingi di Kabupaten Musi Rawas menjadi lokasi Etape II International Musi Triboatton 2016. Pada etape kedua ini melombakan dua cabang, yakni kayak dan rafting. Kegiatan International Musi Triboatton 2016 etape II dibuka oleh Hendra Gunawan, Bupati Kabupaten Musi Rawas. Hendra mengatakan, sejak event ini pertama kali digelar, Kabupaten Musi Rawas tidak pernah absen sebagai tuan rumah.

“Ini merupakan komitmen kami untuk terus menyukseskan International Musi Triboatton. Melalui event ini pula secara perlahan kami mengenalkan kabupaten ini kepada masyarakat luas, termasuk sektor pariwisatanya,”¬†ujar Hendra.

Jemain, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Musi Rawas, mengungkapkan, keikutsertaan kabupaten ini dalam ajang International Musi Triboatton memberikan dampak bagi pariwisata. Pemberitaan media mengenai kegiatan ini secara tak langsung memperkenalkan kabupaten ini kepada masyarakat luas.

“Tingkat kunjungan wisatawan pun perlahan mulai meningkat. Pada tahun 2015, total ada 54.000 kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri. Sebelum terlibat kegiatan ini, angka kunjungan wisatawan tidak lebih dari 30.000,” kata Jemain.

Jemain berharap, apabila Kabupaten Musi Rawas lebih terkenal, maka akan menarik minat investor untuk masuk ke kabupaten ini. 

Sumatera Barat dan DKI Raih Podium

Syafri M. Mausar, Komisioner International Musi Triboatton 2016, mengatakan, mulai etape kedua hingga etape kelima, kelas yang dilombakan bersifat racing. “Perlombaan di etape kedua mencari yang tercepat dengan panjang lintasan 500 meter,” ujar Syafri.

Di etape kedua ini, untuk cabang kayak, Imam Alhadi Rizki meraih posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 2,30 detik, diikuti Jambi dengan 1 menit 10,41 detik, dan posisi ketiga diraih oleh Jawa Timur.

(Baca juga: Tuan Rumah Juarai Etape I Musi Triboatton 2016)

Sementara itu, untuk cabang rafting, posisi pertama diraih tim DKI Jakarta dengan catatan waktu 1 menit 21,61 detik. Posisi kedua diraih tim tuan rumah Sumsel 1 dengan waktu 1 menit 23,15 detik, dan posisi ketiga ditempati oleh tim Sumatera Barat dengan waktu 1 menit 23,18 detik.

International Musi Triboatton 2016 terbagi menjadi lima etape dengan total jarak 523 kilometer. Pada tahun ini, empat kabupaten dan satu kota menjadi tuan rumah perhelatan International Musi Triboatton, yakni Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Empat Lawang, dan Kota Palembang. Acara ini berlangsung hingga 15 Mei mendatang.

Penulis: Erwin Gumilar