Festival Nusa Penida 2017 Promosikan Seni Budaya Lokal

Monday, 06 November 17   12 Views   0 Comments   Harry Purnama
Festival Nusa Penida 2017

Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali, kembali akan menggelar Festival Nusa Penida IV pada 6-9 Desember 2017. Acara ini diselenggarakan untuk mempromosikan potensi pariwisata di pulau yang terpisah dengan daratan Bali ini.

“Kegiatan tersebut tertunda dari rencana semula 5-8 Oktober 2017 akibat meningkatnya status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem sehingga Klungkung sebagai daerah tetangga terdekat sibuk menerima pengungsi,” kata I Nengah Sukasta, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung.

Nengah Sukasta mengatakan, Dinas Pariwisata Klungkung segera melakukan persiapan dengan melibatkan berbagai pihak dan masyarakat di Nusa Penida, dengan harapan kegiatan promosi yang digelar secara berkesinambungan setiap tahun itu dapat terlaksana dengan baik.

“Begitu persiapan rampung, langsung mempromosikan ke pelaku pariwisata maupun tempat-tempat yang menjadi tujuan wisatawan, dengan harapan wisatawan yang sedang menikmati liburan di Pulau Dewata dapat menyaksikan kegiatan Festival Nusa Penida itu,” ujar I Nengah Sukasta.

I Nyoman Suwirta, Bupati Klungkung, mengatakan, pelaksanaan Festival Nusa Penida 2017 dapat terlaksana dengan baik sesuai potensi yang ada sekarang. Berbagai kegiatan dikemas lebih dominan pementasan seni dan budaya masyarakat Klungkung, terutama Nusa Penida. Acara kali ini akan memperkenalkan potensi kearifan lokal menyangkut kuliner, bidang seni, dan budaya.

Uniknya, Festival Nusa Penida 2017 sama sekali tidak melibatkan artis dari ibu kota seperti tahun-tahun sebelumnya agar tidak terkesan pesta. Festival Nusa Penida 2017 akan dilaksanakan di Desa Jungutbatu dengan menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya yang merangkul masyarakat Nusa Penida, termasuk para nelayan.