Festival Nusa Penida Promosikan Destinasi Baru Di Bali

Friday, 25 September 15   0 Views   0 Comments   Venue

Keindahan Bali tidak hanya ada di Kuta atau Sanur, tapi juga ada di daerah lainnya, seperti Nusa Penida. Daerah yang masuk dalam Kabupaten Klungkung ini memiliki keindahan laut dan keragaman budaya yang kental.

Melihat potensi tersebut, Pemerintah Kabupaten Klungkung kembali menggelar Festival Nusa Penida pada 2-4 Oktober 2015 di Lembongan, Nusa Penida, Klungkung, Bali. “Klungkung memang Kabupaten paling kecil di Bali, tapi justru daerah ini adalah yang paling unik,” ujar I Nyoman Suwirta, Bupati Klungkung.

Event yang memasuki pergelaran kedua kalinya ini akan mengusung tema bahari dengan slogan “Enjoy Blue Paradise“. Menurut Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, tagline yang digunakan pada Festival Nusa Penida 2015 bisa dijadikan sebagai branding Nusa Penida ke depannya.

“Bagus tagline-nya, mengingatkan dengan Blue Economy, yakni perekonomian berbasis lautan. Bagaimana lautan itu semakin dilestarikan, semakin menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Festival Nusa Penida 2015 akan menyuguhkan tiga hal, yakni kegiatan terkait Nature (Alam), Culture (Budaya), dan Adventure (Petualangan) wisata Nusa Penida. Untuk kegiatan terkait alam, akan diadakan berbagai kegiatan kampanye pelestarian dan konservasi alam, misalnya kegiatan transplantasi terumbu karang, pembersihan pantai, penanaman mangrove, dan pendidikan pelestarian lingkungan laut pada anak-anak.

Sementara itu, untuk kegiatan terkait budaya, pada penyelenggaraan ini akan menyajikan seni-budaya yang unik dan asli dari Bali. Untuk kegiatan berbasis petualangan, para pengunjung diajak bersepeda mengelilingi Pulau Lembongan dan Ceningan, village tour, snorkeling, surfing, serta menyusuri hutan mangrove yang ada di Lembongan menggunakan perahu tradisional.

Suwirta mengharapkan, event ini mampu menarik perhatian dunia sehingga target kunjungan satu juga wisatawan mancanegara ke wilayah itu dapat tercapai.

Penulis: Pasha Ernowo