Festival Pesona Mentawai 2016 Menargetkan 10.000 Wisatawan

Thursday, 07 April 16   2 Views   0 Comments   Venue

Kementerian pariwisata kembali mengadakan festival di daerah untuk mencapai target kunjungan 12 juta wisatawan asing, yakni Festival Pesona Mentawai yang akan digelar pada 19-21 April 2016. Selain itu, pelaksanaan Festival Pesona Mentawai 2016 ini juga bertujuan untuk memikat para peselancar internasional untuk berselancar di sini, sebab Mentawai memiliki pantai dengan ombak yang sangat menantang untuk ditaklukkan.

“Mentawai merupakan obyek pariwisata yang menarik bagi para petualang. Kami mempunyai 70 surfing spot serta 30 diving spot yang tersebar di Mentawai,” kata Yudas Sabbagalet, Bupati Mentawai.

Senada dengan Yudas, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, “Mentawai mempunyai biosfer yang telah diakui UNESCO. Selain itu, spot surfing di Mentawai masuk ke dalam 10 best surfing in the world.”

Karena itu, Kementerian Pariwisata berkomitmen untuk membuat masterplan bagi perkembangan infrastruktur pariwisata di Mentawai. “Masterplan tersebut mencakup berbagai hal untuk mendukung pariwisata di Mentawai, seperti pembangunan Bandara Rokot yang ditargetkan rampung sepenuhnya pada 2018, serta pembangunan akses jalan yang didukung oleh dana sebesar Rp80 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ujar Arief Yahya.

Diharapkan apabila masterplan tersebut berjalan, posisi Mentawai sebagai destinasi selancar internasional akan memberikan dampak ekonomi yang lebih banyak. Saat ini, setiap tahunnya Mentawai menerima sekitar Rp14 miliar dari retribusi yang dikenakan kepada para peselancar. Jumlah tersebut didapatkan dari kunjungan 7000 surfer dalam satu tahun. “Retribusi tersebut merupakan jaminan bahwa para peselancar akan bermain dengan aman,” ujar Yudas.

Festival Pesona Mentawai 2016 ini akan diisi oleh berbagai kegiatan, seperti kompetisi surfing tingkat internasional yang diikuti 64 peselancar dari berbagai negara, pertunjukan seni musik, penanaman terumbu karang, tato massal, serta jelajah panorama pesona hutan mangrove. Kementerian Pariwisata menargetkan acara Festival Pesona Mentawai 2016 akan dikunjungi 8.000 wisatawan mancanegara dan 2.000 wisatawan nusantara.

Penulis: Mikhail