GATF Harus Diadakan Secara Online

Friday, 07 October 16   0 Views   0 Comments   Venue

Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2016 periode kedua kembali digelar pada 7-9 Oktober 2016 di Jakarta Convention Center. Garuda Indonesia Travel Fair periode kedua 2016 ini mengusung tema “Digital Experience”.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, mengatakan, era digitalisasi ini travel agent konvensional sudah lesu, sekarang ini 70 persen wisatawan mencari trip wisata secara daring (online). Karena itu, ia menyarankan agar para biro perjalanan juga menempuh cara digital agar dapat bersaing, karena diperkirakan ada peluang sebesar 25 persen untuk meningkatkan wisman berkunjung ke Indonesia.

“Pada GATF kali ini pasar inbound harus diperbanyak dibandingkan outbound-nya. Selain itu, sejalan dengan tema acara ini, pemanfaatan digital juga akan membantu meningkatkan jumlah wisman karena jangkauannya sangat luas,” kata Arief.

Arief Yahya juga menyarankan agar penyelenggaraan Garuda Indonesia Travel Fair tidak hanya diadakan serentak di 18 kota saja, tapi juga diselenggarakan berbasis online agar dapat dirasakan dari berbagai negara.

Arif Wibowo, Direktur PT Garuda Indonesia, mengatakan, pada pelaksanaan Garuda Indonesia Travel Fair memasuki tahun kedelapan ini, Garuda Indonesia akan memperkenalkan digital experience kepada masyarakat Indonesia. Pada Garuda Indonesia Travel Fair kali ini, pihaknya juga meningkatkan proporsi pemasaran inbound menjadi 60 persen, sementara untuk outbound 40 persen.

Arif menargetkan pelaksanaan Garuda Indonesia Travel Fair 2016 di Jakarta ini mampu meraih transaksi penjualan sebesar Rp225 miliar dengan target pengunjung sebanyak 80.000 orang. Sementara itu, untuk target keseluruhan di 18 kota, target transaksinya adalah Rp386 miliar.

Penyelenggaraan GATF 2016 juga dilakukan serentak di 17 kota lainnya, yakni Bandung, Medan, Lampung, Palembang, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Kupang, Balikpapan, Makassar, Manado, Ambon, Timika, dan Jayapura. Garuda Indonesia Travel Fair 2016 fase kedua ini diikuti 150 ekshibitor, 90 korporat non-travel, 54 biro perjalanan, dan 7 hotel.

Penulis: Ahmad Baihaki