Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara; Pameran untuk Promosi, bukan Transaksi

Wednesday, 10 May 17   28 Views   0 Comments   Harry Purnama
Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara
Foto: Venuemagz/Harry

PT Wahyu Promo Citra kembali akan menyelenggarakan pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara (GWBN). Pameran yang telah diselenggarakan sejak tahun 2002 ini akan berlangsung pada 11-14 Mei 2017 di Hall A Jakarta Convention Center.

Syukur Sakka, Direktur PT Wahyu Promo Citra, mengatakan, tujuan diadakannya Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara ini supaya masyarakat lebih mengenal dan mencintai Indonesia sebelum berwisata ke negara lain. Sebab, ini merupakan pameran yang murni menampilkan pariwisata di dalam negeri.

“Kalau pameran lain berorientasi transaksi, kami lebih ke promosi karena pesertanya kebanyakan pemerintah daerah yang ingin mempromosikan daerahnya. Pengunjung pun tidak bisa melakukan transaksi di pameran ini, mereka tetap harus melalui travel agent,” ujar Syukur.

“Meskipun tidak ada transaksi, tapi banyak daerah mengakui bahwa wisatawan yang berkunjung mengetahui informasi mengenai daerah tersebut dari pameran GWBN,” ujar Syukur.

Namun, Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara tidak hanya sekadar pameran. Pada acara ini juga akan ada table top bertema “Merebut Peluang Bisnis Pariwisata yang Besar di Indonesia”, talk show, festival tari, dan pameran foto 10 destinasi prioritas pariwisata.

Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara yang ke-15 ini menargetkan jumlah pengunjung mencapai 30.000 orang, meningkat dari capaian tahun lalu yang hanya 25.000 orang. Pengunjung pun tidak dikenakan tiket masuk untuk ke pameran ini. Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara 2017 akan diikuti 79 peserta, menurun dari jumlah peserta tahun lalu yang mencapai 125 peserta.

“(Penurunan jumlah peserta) ini kita maklumi karena mungkin ada daerah yang sedang pilkada atau dikurangi anggarannya,” ujar Syukur.

Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendatangkan wisatawan yang pada tahun ini menargetkan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara dan kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara.

Perhelatan Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara diselenggarakan bersamaan dengan pameran Inasport 2017, AgroFood Expo 2017, dan Indonesia Natural Products Expo 2017.