Identitas Busana Muslim Indonesia akan Diperkenalkan di MUFFEST 2018

Friday, 06 October 17   10 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
MUFFEST 2018
Foto: Venuemagz/Erwin

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) yang diprakarsai oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC), Dyandra Promosindo selaku event organizer, serta menggandeng Hijabers Mom Community dan Hijabers Community kembali akan diselenggarakan pada 19-12 April 2018 di Main Lobby, Cendrawasih, dan Plenary Hall Jakarta Convention Center.

Ali Charisma, National Chairman Indonesia Fashion Chamber, mengatakan, perkembangan MUFFEST nanti jauh lebih besar. Hal tersebut bisa dilihat dari segi area yang akan digunakan. Selain itu, yang terpenting adalah kerja sama antar-elemen yang ada dari pemerintah, asosiasi, swasta, dan masyarakat untuk memajukan industri fashion di Indonesia.

Ali mengungkapkan, Indonesia tentu tidak ingin menjadi target pasar dari negara lain, sebab selama ini masih banyak masyarakat yang impor dari luar negeri. Mudah-mudahan dengan adanya MUFFEST ini bisa merebut pasar, khususnya fashion busana muslim. “Untuk memajukan busana muslim di Indonesia caranya dengan menggali potensi yang ada di daerah, mulai dari branding, kualitas, dan juga promosi,” kata Ali.

Menurut data dari Kementerian Perdagangan, pada periode 2012 hingga 2016, nilai ekspor produk fashion muslim mencapai US$4,42 miliar dari total ekspor produk fashion yang mencapai US$16,21 miliar. Adapun negara tujuan ekspornya adalah ke Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea, dan Cina. Ali berharap pada 2025 Indonesia bisa menjadi salah satu destinasi belanja dunia khusus busana muslim.

Pada MUFFEST 2018 akan ada pameran, 20 fashion show busana muslim, work shop, talk show, serta kompetisi desain fashion. Untuk pertama kalinya, MUFFEST 2018 akan menggelar “Modest Beauty Make Up Competition” sebagai apresiasi terhadap profesi make up artist, termasuk styling hijab, yang memegang peranan penting dalam fashion busana muslim.

Perhelatan MUFFEST 2018 dikemas dengan konsep B2C sekaligus sedang mengarah pada B2B untuk konsumen ritel maupun buyer. Perhelatan MUFFEST 2017 menggunakan lahan seluas 3.434 meter persegi yang diikuti 300 brand dengan dikunjungi 47.000 pengunjung, serta menghasilkan transaksi Rp28,3 miliar. Sementara MUFFEST 2018 akan menggunakan lahan seluas 6.061 meter persegi, diikuti lebih dari 400 brand, dengan target pengunjung 65.000 pengunjung dan transaksi Rp40 miliar.