IIMS 2016 Pasang Target Transaksi Rp2 Triliun

Thursday, 07 April 16   0 Views   0 Comments   Venue

Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 secara resmi dibuka Wakil Presiden Republik Indonesia H. Jusuf Kalla pada hari ini, 7 April 2016. Acara yang diadakan di JIExpo Kemayoran ini berlangsung hingga 17 April 2016. Lebih dari 10 Agen Pemegang Merek (APM) akan menampilkan 35 merek, baik mobil maupun motor, pada perhelatan Indonesia International Motor Show 2016.  

Jusuf Kalla mengatakan, pameran seperti Indonesia International Motor Show penting karena menjadi salah satu indikator pergerakan industri dan ekonomi sebuah negara. Pameran ini juga menjadi salah satu alat ukur untuk menilai tingkat kemakmuran masyarakat. Semakin banyak kendaraan terjual, berarti semakin baik daya beli masyarakatnya.

Bagi pemerintah, katanya, otomotif menjadi salah satu sektor yang selalu menjadi perhatian serius karena tak hanya berkaitan langsung dengan kebutuhan masyarakat, tetapi juga potensinya sebagai salah satu sumber pajak yang besar dan kemampuannya menyerap tenaga kerja yang besar. Dalam percaturan bisnis otomotif global, Indonesia punya peran strategis karena menjadi pasar yang sangat potensial buat produsen. Bukan hanya karena penduduknya yang besar, tapi juga karena transportasi adalah kebutuhan mendasar di semua negara.

“Sudah barang tentu kita juga tak ingin hanya jadi pasar. Karena itu, saya harap melalui pameran ini juga akan hadir inovasi-inovasi baru untuk pengembangan industri otomotif masa depan. Ini pilihan yang tidak bisa dihindari dan harus ada inovasi agar pilihan pada konsumen pun selalu tersedia. Entah pilihan karena harga, karena stylish-nya, maupun pilihan pada fungsinya,” kata Jusuf Kalla.

Lilik Oetama, Presiden Komisaris Dyandra Promosindo sekaligus CEO Kompas Gramedia, mengatakan, peralihan waktu penyelenggaraan IIMS 2016 ke bulan April merupakan blessing in disguise karena membawa banyak hal-hal positif bagi penyelenggara maupun peserta. “Untuk kali pertama dalam sejarah industri pameran otomotif nasional, IIMS 2016 diselenggarakan pada awal tahun, bergeser dari biasanya di semester II. Ternyata pemilihan semester I ini mendapat respons besar. Jumlah Agen Pemegang Merek (APM) yang ikut meramaikan IIMS 2016 jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu, terutama jika dipandang dari sisi totalitas dan launching produk-produk terbaru. Bahkan, hampir semua brand besar sudah kembali ke IIMS. Ini bisa menjadi indikasi kepercayaan masih tinggi terhadap Dyandra Promosindo yang mendapat support penuh Kompas Gramedia,” ujar Lilik Oetama.

“Dalam situasi pasar otomotif nasional yang belum pulih, kami berupaya keras agar pameran akbar otomotif sekelas IIMS ini menjadi salah satu stimulus yang akan memulihkan pasar. Apalagi, sebentar lagi bulan Ramadhan yang biasanya akan diikuti oleh meningkatnya kebutuhan konsumen, termasuk mobil dan motor, sehingga launching produk terbaru dari APM di IIMS 2016 bisa disebut tepat momentum,” kata Lilik.

Selain menyajikan berbagai produk atau varian baru mobil dan motor, IIMS 2016 juga menyertakan berbagai produk pendukung berupa aksesoris, pabrikan onderdil, ban, perangkat audio, dan beragam produk inovatif lainnya.

Berbagai fasilitas disediakan untuk memanjakan pengunjung, termasuk sarana transportasi shuttle bus gratis dari berbagai mal seputar Jabodetabek dan layanan langsung busway TransJakarta ke lokasi.  Pameran terbuka untuk umum setiap hari pukul 11.00-21.00 WIB (hari kerja) dan 10.00-21.00 WIB (akhir pekan) dengan HTM Rp40.000 (Senin-Kamis) dan Rp60.000 (Jumat-Minggu).

“Ada 50-an acara pendukung yang bersifat entertain maupun edukasi. Kami memang memformat IIMS menjadi ajang wisata keluarga agar para penggemar otomotif bisa menyimak produk-produk baru yang ditawarkan produsen, namun di saat bersamaan juga mengisi waktu secara positif bersama keluarga,” ucap Lilik.

Program unggulan yang tahun lalu diapresiasi pengunjung tetap dipertahankan, antara lain Military Zone, Movie Cars, Parade Test Drive & Test Ride, IOF Rock Crawling (tahun ini menjadi kompetisi), Indonesian Builder, Thousands Car March (dengan konsep city rally), dan tentu saja IIMS Drift War yang menjadi tradisi perhelatan IIMS selama ini. Beberapa program baru dimunculkan untuk menyemarakkan pameran, antara lain VBI Scooter GP 2016, MotorPlus Mini GP, MotorPlus Modification Contest, dan Motor Plus Award 2016 untuk mengimbangi partisipasi industri motor yang tahun ini jauh melebihi tahun lalu.

Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo selaku penyelenggara acara, optimistis dengan pencapaian IIMS 2016, mengingat dalam masa sulit pada tahun 2015, Dyandra mampu menghadirkan 359.374 pengunjung dan membukukan transaksi Rp1,636 triliun dengan jumlah penjualan mobil dan motor mencapai 4.894 unit. Pada pergelaran IIMS 2016, target yang dipatok adalah 380.000 pengunjung dengan transaksi Rp2 triliun.

Penulis: Harry Purnama