Indofest, Ajang Memikat Wisatawan Australia

Monday, 12 October 15   6 Views   1 Comments   Venue

Australia merupakan salah satu pasar utama penyumbang wisatawan ke Indonesia. Pada tahun 2014, Australia berada di peringkat ketiga penyumbang wisatawan terbesar ke Indonesia, dengan 1,1 juta wisman. Australia hanya kalah dari Singapura dan Malaysia yang berada di peringkat pertama dan kedua.

Karena itu, untuk menggenjot kunjungan wisman Australia ke Indonesia, terutama agar tidak hanya ke Bali, Asosiasi Australia Indonesia di Australia Selatan mengadakan Indofest (Indonesia Festival) pada tanggal 5-6 Oktober 2015. Acara yang telah memasuki tahun kedelapan ini didukung oleh Kementerian Pariwisata RI, Flinders Unviersity (presenting partner), dan Adelaide City Council sebagai sponsor.

Pada festival kali ini beragam komunitas di Australia Selatan berkolaborasi dengan tujuan utama memperkenalkan Indonesia ke masyarakat Australia Selatan lewat kesenian, budaya, musik, makanan, dan bahasa Indonesia. Selain itu, ada juga misi meningkatkan minat dan studi tentang budaya dan bahasa Indonesia, juga sebagai wadah  menyediakan kesempatan untuk memperluas jaringan bagi sponsor, pejabat pemerintah Australia Selatan, dan Indonesia.

“Indofest merupakan satu-satunya festival di Australia yang berkelanjutan selama delapan kali dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah Australia, khususnya Australia Selatan, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia. Animo warga Australia mencapai 90 persen mengunjungi Indofest, di mana tahun ini diperkirakan ada 10.000 pengunjung di Indofest,” ungkap Vinsensius Jemadu, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata.

Arena budaya dan kuliner menjadi titik keramaian. Masyarakat Adelaide berbondong-bondong datang untuk menikmati kuliner Indonesia, seperti sate, bakso, rendang, dan beragam makanan tradisional Indonesia lainnya.

Dalam Indofest ini juga mengangkat topik diskusi “Beyond Bali” yang membahas mengenai destinasi wisata selain Bali. Tujuannya adalah agar wisatawan dari Australia dapat mengetahui destinasi wisata lain di Indonesia, dan berharap mereka tidak melulu berkunjung ke Bali.
(Baca juga: Meningkatkan Daya Tarik Bali Melalui Festival Nusa Dua Fiesta 2015)

Kementerian Pariwisata juga membuka stan pameran untuk menggencarkan program Wonderful Indonesia. Di stan ini juga menyediakan informasi tentang kepariwisataan Indonesia, terutama berkaitan dengan informasi lebih jauh tentang destinasi-destinasi wisata di Indonesia. Di sini, para pengunjung banyak yang menanyakan apa saja destinasi wisata yang ada di Indonesia selain Bali.

Perhelatan Indofest ini diharapkan mampu mengatrol kunjungan wisatawan dari Australia, mengingat 60 persen wisatawan Australia merupakan turis repeater, yang artinya sudah pernah berwisata ke Indonesia lebih dari satu kali. Karena itu, dapat disimpulkan bahwa kunjungan pertama ke Indonesia menimbulkan kesan baik sehingga ada keinginan untuk datang kembali.

Penulis: Hanifah Mutiara Sylva