Indonesia Future City & REI Mega Expo Solusi Mewujudkan Kota Cerdas

Friday, 15 September 17   17 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
Indonesia Future City
Foto: Venuemagz/Ahmad

Untuk pertama kalinya, Kompas Gramedia dan Dyandra Promosindo bekerja sama dengan Real Estate Indonesia (REI) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menyelenggarakan pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017. Pameran yang mengangkat tema “Solusi Cerdas Perkotaan” ini diselenggarakan pada 14 hingga 24 September 2017 di Indonesian Convention Exhibition (ICE) BSD.

Soeleman, Ketua Umum Real Estate Indonesia, mengatakan, REI akan terus berkomitmen dalam pembangunan rumah, khususnya rumah bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Mengenai kota cerdas di Indonesia, pihak swasta-lah yang telah menjadi pionir pembangunan kota baru. Selain itu, tujuan dari pelaksanaan Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 ini adalah untuk mendukung program pembangunan 1 juta rumah murah di delapan provinsi yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Membangun kota cerdas dibutuhkan kemudahan regulasi untuk properti, dan harus segera direalisasikan agar bisa mendatangkan investor sehingga pelaku usaha dalam mendukung kota-kota baru itu dapat terwujudkan,” kata Soeleman.

Hardanto Subagio, Direktur Kompas Gramedia, mengatakan, selama ini masyarakat mengetahui kota cerdas itu selalu identik dengan teknologi. Padahal, hal itu tak sepenuhnya benar. Menurut Hardanto, kota cerdas itu konsepnya harus memberdayakan pelayanan yang baik kepada masyarakatnya, ramah lingkungan, dan memiliki ekonomi yang tumbuh.

“Jadi, untuk membangun kota cerdas, pemerintah tidak bisa berdiri sendiri. Acara ini menyosialisasikan bahwa kota cerdas itu tidak hanya di Jakarta, tetapi juga ada di daerah-daerah,” kata Hardanto.

Daswar Marpaung, Direktur Dyandra Promosindo, menyatakan, properti menjadi suatu kebutuhan, perkembangan jumlah penduduk juga mengikutinya. Ia menjelaskan, apabila pengunjung datang ke Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017, pihak penyelenggara menghadirkan seminar yang membahas mengenai kota itu sendiri. Selain itu, pameran ini juga disatukan dengan pameran yang menampilkan unit-unit properti kota cerdas, seperti rumah maupun apartemen, dari pengembang besar.

Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 juga menampilkan budaya, teknologi, maupun kuliner dengan tujuan untuk melengkapi elemen yang ada di kota cerdas. “Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 adalah wadah bagi mereka yang ingin mencari rumah diskon spesial. Ada pula edukasi untuk mendalami ilmu tentang properti maupun menjaring bisnis di dunia properti,” kata Daswar.

Perhelatan Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 yang menempati lahan seluas 18.225 meter persegi ini diikuti lebih dari 100 peserta pameran dan 500 peserta konvensi maupun seminar. Untuk pengunjung, panitia menargetkan dihadiri hingga 100.000 pengunjung. Adapun pengembang yang ikut serta antara lain Sinarmas Group, Lippo Group, Agung Podomoro Grup, Jababeka, Ciputra Grup, Metland, dan Alam Sutera. Untuk masuk ke pameran ini, pengunjung tidak dikenakan biaya.