Indonesia Harus Lebih Gencar Merebut Pasar Afrika

Monday, 27 June 16   4 Views   0 Comments   Venue

Afrika Selatan memiliki peranan penting sebagai pintu masuk ekspor Indonesia. Produk minuman rendah kalori untuk kesehatan beserta produk makanan dan minuman instan asal Indonesia cukup menjadi pusat perhatian di pameran Africa’s Big Seven yang digelar pada 19-21 Juni 2016 di Johannesburg, Afrika Selatan.

Keikutsertaan Indonesia di pameran Africa’s Big Seven diprakarsai oleh ITPC (Indonesia Trade Promotion Center) Johannesburg dengan menggandeng Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI). Indonesia menghadirkan delapan perusahaan dalam Africa’s Big Seven tahun ini, yaitu PT Lautan Natural Krimerindo (dairy creamer), PT Mayora Indah (kopi), PT Sinar Sosro, PT Kalbe International (produk turunan kelapa dan suplemen makanan), PT Nutrifood Indonesia (produk minuman rendah kalori untuk kesehatan), PT Asia Pacific Fortuna Sari (tisu pembersih untuk kesehatan), PT Indofood Sukses Makmur, dan PT Tiga Pilar Sejahtera Food (mi instan dan bumbu masakan).

Sejumlah buyer potensial telah menyatakan minatnya memboyong produk-produk tersebut ke pasar Afrika Selatan untuk didistribusikan ke seluruh benua Afrika. Partisipasi Indonesia dalam Africa’s Big Seven ini merupakan salah satu upaya Indonesia untuk meningkatkan ekspor dan menembus Afrika Selatan sebagai pasar nontradisional.

Afrika Selatan berperan penting sebagai pintu masuk produk ekspor Indonesia ke negara-negara Afrika lain, seperti Botswana, Lesotho, dan Swaziland,” ujar Pontas Tobing, Kepala Indonesian Trade Promotion Center Johannesburg.

Pontas menambahkan, antusiasme masyarakat Afrika Selatan terhadap produk makanan dan minuman asal Indonesia cukup tinggi. Hal itu dapat dilihat dari tingginya permintaan terhadap produk makanan dan minuman yang berkualitas tinggi dan memenuhi standar kesehatan.

ITPC Johannesburg juga bekerja sama dengan KJRI Cape Town menyelenggarakan business matching antara partisipan Indonesia dengan KADIN Cape Town guna menjajaki potensi bisnis di wilayah selatan Afrika Selatan.

Africa’s Big Seven merupakan pameran barang konsumsi paling bergengsi di Afrika. Pada 2016, Africa’s Big Seven diikuti oleh 72 negara dengan 13.000 buyer bergerak di bidang makanan dan minuman, agrifood, teknologi makanan dan minuman, interbake, produk ritel, dan bisnis makanan. Event Africa’s Big Seven berlangsung di Gallagher Convention Centre yang memiliki luas area sekitar 25.000 meter persegi.

Gallagher Convention Centre merupakan salah satu tempat konferensi dan pameran terbesar di Afrika. Gallagher Convention Centre dapat menampung hingga 12.000 pengunjung. Fasilitas yang dimiliki oleh Gallagher Convention Centre antara lain 12 ruang konferensi serbaguna dan ruang rapat, Gallagher Grill, ballroom, dan auditorium.

Penulis: Ahmad Baihaki