Indonesia International Halal Lifestyle Tampilkan 10 Sektor Industri Halal

Wednesday, 11 October 17   21 Views   0 Comments   Venue
Indonesia International Halal Lifestyle
Foto: Venuemagz/Erwin

Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference 2017 (INHALEC) akan kembali digelar. Tahun ini, kegiatan yang memadukan pameran, pentas seni, seminar, dan konferensi tersebut memasuki penyelenggaraan yang kedua kalinya. Kegiatan yang diinisiasi Indonesia Halal Lifestyle Center ini akan diadakan pada 19-21 Oktober 2017 di Balai Kartini.

Sapta Nirwandar, Chairman Halal Lifestyle Center, mengatakan, secara keseluruhan Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference 2017 akan menampilkan 10 sektor yang menjadi pilar utama dari gaya hidup halal (halal lifestyle), yakni makanan, pariwisata, fashion, kosmetik, pendidikan, finansial, farmasi, media dan rekreasional, layanan kesehatan dan kebugaran, serta seni budaya.

“Kegiatan ini merupakan pembuktian bahwa Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk mayoritas muslim tidak sekadar menjadi konsumen, tapi juga menjadi produsen produk halal,” ujar Sapta.

Sapta mengungkapkan, penyelenggaraan Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference 2017 juga sebagai upaya menyebarkan informasi mengenai industri halal di Indonesia. Acara ini juga merupakan sebuah inisiatif membentuk dukungan bagi komunitas muslim untuk mendapat akses dan pengetahuan mengenai produk halal dan layanan dari pemerintah berdasarkan hukum Islam.

“Kegiatan ini akan menjadi pusat aktivitas dan pertukaran informasi bagi komunitas muslim untuk belajar, menemukan, dan menjalin relasi bisnis dalam produk dan layanan halal,” ujar Sapta Nirwandar.

Sebanyak 151 stan dalam Indonesia International Halal Lifestyle Expo akan diisi oleh berbagai produk halal dari dalam dan luar negeri. “Beberapa peserta dari luar negeri yang akan ikut dalam expo ini di antaranya dari Thailand, Malaysia, Jepang, dan Spanyol,” ujar Sapta.

Hari pertama Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference 2017 dibuka dengan konferensi yang akan mengusung tema “Halal Industry, Cultural and Technology”. Beberapa pakar yang akan mengisi kegiatan ini di antaranya Prof. Dr. Winai Dahlan (Founder dan Direktur Halal Science Center of Thailand), Dr. Ahmad Al-Dubyan (Director General Islamic Cultural Center of London), Dr. Kim Jin Woo (Director of International Business Affair KIHI – Korea), Hermawan Kertajaya (CEO dan Founder Markplus Inc), Elidawati (Founder El-Corp), dan Nurhayati Subakat (Founder Wardah Cosmetic).

INHALEC juga akan diisi dengan peragaan busana dari Dian Pelangi, El Zatta-Dauky, dan Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia. “INHALEC juga akan diisi dengan pemutaran film religi berjudul Iqro yang dilanjutkan diskusi mengenai industri film Indonesia dengan narasumber Christine Hakim, Budiyati Abyoga (produser), HB Naveen (produser), dan Larry Wijaya (Cinema Kota). Sementara untuk seni dan budaya, INHALEC akan diisi dengan konser musik etnik oleh Dwiki Dharmawan,” ujar Sapta.

Penulis: Erwin Gumilar