Indonesia MICE Outlook 2016 Dibuka Hari Ini

Tuesday, 01 December 15   0 Views   0 Comments   Venue

Majalah VENUE bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata kembali menyelenggarakan Indonesia MICE Outlook yang merupakan ajang konferensi terbesar di industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Event yang telah memasuki penyelenggaraan kedelapan ini digelar pada 1-2 Desember 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang Selatan. Pada pergelaran tahun ini, Indonesia MICE Outlook & Indonesia MICE Award turut bekerja sama dengan Provinsi Banten selaku tuan rumah.

Indonesia MICE Outlook merupakan sebuah ajang konferensi MICE yang menyajikan diskusi mengenai kondisi, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku industri MICE di tahun yang akan datang. Dengan demikian, para pelaku industri MICE tersebut dapat memperkirakan maupun mengambil langkah strategis agar bisnis di tahun depan tetap lancar. Karena itulah, para pembicara lintas sektoral dihadirkan dalam konferensi ini, antara lain DR. Rofikhoh Rokhim, ekonom Universitas Indonesia; Effi Setiabudi, Ketua Umum DPP Asperapi; Iqbal Allan Abdullah, Ketua Umum DPP INCCA; Johnie Sugiarto, pengurus BPP PHRI; Ida Bagus Lolec Surakusuma, Direktur Pacific World Nusantara; Silih Agung Wasesa dari Asia PR; Hadi Sunarno, General Manager Mediatama Binakreasi; Dynand Fariz, Presiden Jember Fashion Carnival; Budi Tirtawisata, CEO Panorama Group, dan Wisnu Budi Sulaeman, CEO Puntama Convex.

Tema yang diangkat pada pergelaran Indonesia MICE Outlook kali ini adalah “Semakin Banyak Event, Semakin Memakmurkan”. Selain membahas kondisi di bidang ekonomi dan pariwisata di tahun 2016, Indonesia MICE Outlook juga akan mengangkat sesi mengenai digital marketing dan yang paling menarik adalah sesi berjudul “Road to INCEB (Indonesia Convention & Exhibition Bureau)” yang akan membahas isu hangat mengenai akan dibentuknya Indonesia Convention & Exhibition Bureau.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perhelatan Indonesia MICE Outlook juga didampingi dengan Indonesia MICE Award yang merupakan sebuah ajang penghargaan bagi para pelaku industri MICE yang dianggap telah berjasa memajukan industri MICE serta pariwisata di Indonesia. Indonesia MICE Award akan dilangsungkan pada 2 Desember 2015. Ada 16 kategori penghargaan yang akan diberikan, yakni The Best Professional Exhibition Organizer (B2C), The Best Professional Exhibition Organizer (B2B), The Best Professional Conference Organizer, The Best Music Promoter, The Best Destination Management Company, The Best MICE Destination, The Best Exhibition Hall, The Best Convention Center, The Best Multifunction Hall, The Best MICE Hotel, The Best Budget Hotel, The Best Full Service Airlines, The Best Low Cost Carrier Airlines, The Best Stand Contractor, The Best Rent Car Company, dan The Best University in MICE Majoring.

Selain Indonesia MICE Award, pada perhelatan kali ini juga akan digelar Indonesia Professional Organizer Summit (IPOS) yang telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraan. Indonesia Professional Organizer Summit (IPOS) merupakan ajang bisnis B2B yang mempertemukan seller dan buyer. Para seller terdiri dari industri perhotelan, pemilik venue, destinasi, dan supplier event. Sementara itu, para buyer berasal dari kalangan professional conference organizer, professional exhibition organizer, dan perusahaan biro perjalanan. Perhelatan IPOS 2015 juga diramaikan dengan hadirnya Banten MICE Forum yang akan menampilkan potensi-potensi pariwisata serta MICE yang ada di Banten.

Penulis: Harry Purnama