Irene: Sumsel Siap Melaksanakan International Musi Triboatton 2017

Tuesday, 07 November 17   11 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
International Musi Triboatton

Provinsi Sumatera Selatan siap melaksanakan International Musi Triboatton 2017 yang akan berlangsung pada 7 hingga 11 November 2017. Acara ini akan diikuti 275 peserta yang dibagi ke dalam 19 tim dari 10 negara, seperti Prancis, Jordania, Malaysia, Singapura, Kanada, Cina, Filipina, Brunei Darussalam, dan Malaysia. Sementara itu, peserta dari dalam negeri terdiri dari 10 tim yang berasal dari Sumatera Barat, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Timur, Bangka Belitung, Jambi, Riau, dan Sulawesi Selatan.

Lomba dayung tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia ini akan melintasi empat kabupaten dan satu kota di Sumatera Selatan. International Musi Triboatton 2017 terbagi menjadi lima etape yang berbeda dengan menempuh jalur di sepanjang Sungai Musi dengan total jarak mencapai 523 kilometer. Etape pertama adalah melintasi Lintang Empat Lawang, etape kedua melintasi Musi Rawas, etape ketiga melintasi Musi Banyuasin, etape keempat melintasi Banyuasin, dan etape kelima adalah di Palembang.

“Untuk persiapan bisa dikatakan sudah maksimal dilakukan. Hari ini (6 November) tim sudah datang dari Kuala Lumpur, Malaysia. Besok tim sudah seluruhnya sudah hadir. Mereka akan datang ke Lubuk Linggau untuk acara pembukaan,” ujar Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan.

Irene menilai, setiap kabupaten atau kota yang dilintasi International Musi Triboatton 2017 akan memperkenalkan tari-tarian, kuliner, dan tentunya menjadi kesempatan baik bagi masyarakat untuk memperkenalkan permainan tradisionalnya.

Sementara, untuk hotel yang disiapkan adalah di Lubuk Linggau. Dipilihnya Lubuk Linggau sebagai tempat pembukaan acara karena di sana sudah sangat mapan untuk kesiapan akomodasinya. Di kota ini sudah memiliki hotel bintang empat. “Di Lubuk Linggau akan disiapkan akomodasi untuk 275 atlet, official, dan panitia 70 orang,” ujar Irene.

Untuk keamanan, panitia International Musi Triboatton 2017 melakukan koordinasi dengan pihak keamanan kabupaten kota. Kedua pihak keamanan akan tetap didampingi oleh tim Search And Rescue (SAR) dan kesehatan selama acara berlangsung.

Irene mengatakan, pada tahun lalu Sumatera Selatan dikunjungi 68.000 wisatawan mancanegara, dan pada tahun ini hingga Oktober 2017 sudah mencapai 52.000 wisman.

Irene berharap melalui kegiatan ini para wisatawan domestik, khususnya wisatawan asing, dapat mempelajari serta mengingat bahwa Sungai Musi dengan panjang 750 kilometer merupakan awal peradaban dari Nusantara.

“Untuk International Musi Triboatton ke depannya diharapkan akan tetap berjalan, sama seperti Festival Sriwijaya yang sudah diselenggarakan 26 kali dan semakin memperkecil anggaran dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN),” ujar Irene.