Jerman Fest Rayakan Persahabatan Menuju Masa Depan

Thursday, 03 September 15   0 Views   0 Comments   Venue

Setelah sukses diselenggarakan di Brazil, India, dan Cina, kini Jerman melalui Kedutaan Besar Jerman di Indonesia akan mengadakan Jerman Fest di Indonesia. Di Jerman Fest, beragam acara kebudayaan akan digelar mulai Sabtu, 5 September, mendatang di Taman Ismail Marzuki hingga tiga bulan ke depan di berbagai tempat di Indonesia.

“Ini akan menjadi event terbesar yang pernah diselenggarakan di Indonesia,” ujar Georg Witschel, Duta Besar Jerman untuk Indonesia, dalam konferensi pers Jerman Fest di Goethe House, Jakarta, Rabu, 2 September 2015.

Dengan mengangkat tema “Bersama Menuju Masa Depan”, Jerman Fest tidak melulu tentang pemutaran film dan konser, tapi juga menyinggung aspek sosial, politik, dan ekonomi, termasuk kegiatan bisnis, perkembangan teknologi baru, dan olahraga.

Jerman Fest akan diadakan di tujuh kota di Indonesia, yakni Jakarta, Medan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar. Pembukaan acara diawali dengan pemutaran film bisu klasik “Metropolis” dengan durasi asli tanpa sensor, yang didukung oleh orkes film Jerman Babelsberg. Nantinya, Babelsberg juga akan melakukan konser paduan suara bersama tim paduan suara dari Indonesia.

Untuk menyukseskan festival ini, Georg menyatakan pihaknya sudah menyiapkan dana sebesar 1,4 juta Euro, dengan harapan seluruh rangkaian acara dapat berjalan mulus dan maksimal. Sebagai bentuk pertukaran budaya dan persahabatan, Indonesia juga dilibatkan sebagai tamu kehormatan di Frankfurt Book Fair 2015, sebuah pekan raya buku terbesar di dunia.

Perusahaan-perusahaan besar dari Jerman yang sudah sukses di Indonesia, mulai dari Bayer, BMW, Allianz, Bosch, dan Siemens juga turut mendukung festival ini.

Penulis: Aria Wicaksana