JFC Membuat Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Jember Bertumbuh

Wednesday, 26 July 17   13 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
Jember Fashion Carnaval
Foto: Venuemagz/Erwin

Penyelenggaraan karnaval fashion bertajuk Jember Fashion Carnaval (JFC) akan kembali diadakan pada 9 hingga 13 Agustus 2017 di Jember, Jawa Timur. Dengan mengangkat tema “Victory Unity in Diversity“, diharapkan acara ini dapat menjadikan Jember sebagai kota karnaval berkelas dunia serta dapat menjadi magnet meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, mengungkapkan, Jember Fashion Carnaval merupakan karnaval yang terbaik di Indonesia. Di usia pelaksanaan yang ke-16 kalinya ini, Jember Fashion Carnaval sudah tidak hanya milik masyarakat Jember, tapi juga untuk Indonesia. JFC juga telah menginspirasi pergelaran serupa di daerah-daerah di Indonesia.

“JFC levelnya sudah kelas dunia. Kalau ada karnaval yang nilai ekonominya sudah tinggi, bisa kita jual dan ujungnya ada keuntungan. Industri fashion itu nomor dua terbesar di ekonomi kreatif dengan total sumbangan terhadap PDB mencapai 7 persen,” kata Arief.

Dynand Fariz, Presiden Jember Fashion Carnaval, mengatakan, tema “Victory Unity in Diversity” mengartikan sebagai lambang kemenangan untuk Indonesia karena JFC telah memperoleh 13 penghargaan di tingkat dunia.

Faida, Bupati Jember, mengatakan, keberadaan Jember Fashion Carnaval telah memajukan perekonomian dan pariwisata setempat. Salah satu contoh nyatanya adalah bermunculannya hotel-hotel baru di Jember. Selain itu, ke depannya juga akan bertambah penerbangan ke Jember, antara lain Wings Air rute Jakarta-Surabaya-Jember yang terbang dua kali dalam sehari.

JFC 2017 akan diikuti sekitar 2.000 peserta. Penyelenggaraan JFC ke-16 akan dimeriahkan dengan acara pembukaan berupa defile yang menampilkan para penari dan pemain gamelan Sriwijaya dukungan dari Pemprov Sumatera Selatan. Acara dilanjutkan dengan JFC International Exhibition, JFC International Conference, JFC Kids Carnival, Carnival, JFC Artwear Carnival, Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI), dan ditutup dengan JFC Grand Carnival.