Katumbiri Expo 2017 Angkat Kesetaraan Gender

Tuesday, 05 December 17   51 Views   0 Comments   Harry Purnama
Katumbiri Expo 2017

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta PT Mistindo Graha Expotainment akan kembali menyelenggarakan pameran Katumbiri Expo 2017 pada 6-10 Desember 2017 di JCC. Acara yang diselenggarakan sejak tahun 2011 ini juga diselenggarakan untuk memperingati Hari Ibu.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyelenggarakan Katumbiri Expo untuk mengangkat kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki yang berkiprah di bidang Industri Kecil dan Menengah (IKM) sehingga mampu menjadi barometer kemajuan industri kreatif Indonesia.

Katumbiri yang berarti ‘pelangi’ melambangkan keanekaragaman serta keindahan produk budaya Indonesia yang diolah melalui kearifan lokal dan gagasan kreatif serta dilengkapi dengan kandungan teknologi. Acara ini rencananya akan dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise dengan mengusung tema “Optimalisasi Peranan Perempuan dalam Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Menuju Kesetaraan”. Diharapkan melalui tema tersebut mampu mendorong perempuan berwirausaha dan sanggup memainkan peran ekonomi agar dapat turut berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan keluarga dan bangsa.

Katumbiri Expo diikuti lebih dari 250 perajin dari berbagai daerah di Indonesia, seperti kerajinan tangan, batik, hijab, herbal, alat kecantikan, dan kuliner. Pada Katumbiri Expo 2017 juga akan ada beberapa acara pendukung, seperti talk show, workshop, dan pertunjukan musik tradisional. Sejak 2011, penyelenggaraan Katumbiri Expo selalu mengalami peningkatan, baik dari jumlah peserta, keanekaragaman jenis produk, jumlah pengunjung, maupun omzet penjualan para peserta pameran.