KBRI Moscow Selenggarakan Festival Indonesia 2017

Monday, 10 July 17   21 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
Festival Indonesia 2017
Foto: Dok. Kemlu

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moscow kembali akan menyelenggarakan Festival Indonesia 2017 pada 4-6 Agustus 2017 di Hermitage Garden Moskow, Rusia. Mengangkat tema “Visit Wonderful Indonesia-Enjoy Its Diversity”, Festival Indonesia 2017 akan diikuti 500 peserta dari Indonesia, dengan didahului penyelenggaraan forum bisnis di hotel Intercontinental Moscow pada 4 Agustus 2017. Forum ini merupakan ajang promosi Indonesia di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata.

M. Wahid Supriyadi, Duta Besar Republik Indonesia untuk Moscow, mengatakan, Festival Indonesia dikemas untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia, di mana pada acara ini akan diikuti 30 pengusaha atau UMKM yang akan mempromosikan produk Indonesia, mulai dari garmen, handicraft, kuliner, makanan dan minuman, kopi, dan pariwisata.

“Saya ditargetkan 100.000 wisatawan oleh Pak Arief Yahya, tetapi hingga April lalu sudah mencapai 45.000 wisatawan. Saya meyakini pada akhir tahun ini akan tercapai,” kata Wahid.

Pada Festival Indonesia 2017 digelar berbagai kegiatan dalam bentuk pameran komoditas ekspor Indonesia, display potensi pariwisata Indonesia, seni, dan budaya, fashion show pakaian nasional, hingga workshop batik.

“Pada tahun lalu, produk makanan Indonesia begitu digemari, yang namanya nasi goreng dua jam sudah habis, pisang goreng juga,” kata Wahid.

Perhelatan Festival Indonesia 2017 ini menyediakan 41 stan bagi pemerintah daerah. Adapun daerah yang ikut berpartisipasi antara lain Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Papua. Diharapkan acara ini akan dihadiri 100.000 pengunjung. Pada tahun lalu, Festival Indonesia diikuti 400 peserta dan dihadiri 65.000 pengunjung. Wahid menyebutkan, untuk pameran sendiri tidak ditargetkan nilai transaksi tertentu, sebab pameran ini lebih mengarah pada promosi dengan tujuan agar ekspor perdagangan Indonesia meningkat.

Sementara itu, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari Rusia, Wahid mengatakan pentingnya keberadaan penerbangan langsung dari Rusia ke Indonesia. Untuk itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moscow akan meminta Garuda Indonesia agar membuka penerbangan dari dan ke Moscow. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa terealisasi,” kata Wahid.