Kolaborasi Singapura dan Indonesia untuk Memajukan Industri MICE

Monday, 13 March 17   5 Views   0 Comments   Venue

Singapore Tourism Board (STB) akan menyelenggarakan networking event MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) dengan menyediakan platform untuk diskusi dan menjalin relasi di antara para pelaku industri MICE pada 17 Maret 2017 di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. Acara ini akan terdiri dari tiga sesi, yakni diskusi panel dengan pembicara dari Indonesia dan Singapura, sesi B2B yang menghubungkan Singapura dengan korporat dan biro perjalanan lokal, serta pada malam hari akan diselenggarakan cocktail party dan makan malam.

Dari Indonesia, pembicara yang akan hadir adalah Eko Prabowo, Deputi Sekjen Asperapi, dan Elly Hutabarat, Presiden Astindo. Sementara itu, pembicara dari Singapura adalah Janet Tan-Collis, Presiden SACEOS. Panel diskusi tersebut akan mengangkat tema “Strengthening MICE travel between Indonesia and Singapore“.

Industri MICE berkembang cukup stabil dalam beberapa tahun belakangan ini. Berdasarkan data dari ICCA (International Congress and Convention Association) pasar Asia Pasifik menunjukkan pertumbuhan signifikan yang mencapai 20 persen dari jumlah meeting di seluruh dunia.

turis indonesia

Data dari ICCA juga menunjukkan bahwa Singapura masih menjadi tujuan utama untuk menyelenggarakan pameran dan konferensi, serta secara konsisten berada di peringkat pertama Asia’s Top Convention City. Singapura berada di peringkat pertama berdasarkan jumlah meeting per kota, dan dianggap sebagai pasar MICE terbesar di Asia Tenggara. Singapura juga terus memperbaiki diri untuk dapat terus meningkatkan industri MICE pada 2017.

Singapura terkenal memiliki infrastruktur dan dukungan yang sangat memadai untuk wisatawan bisnis dan pelaku bisnis MICE untuk mengadakan acara. Pada tahun lalu, lebih dari 410 kegiatan bisnis diadakan di Singapura‚??meningkat 15 persen dibanding tahun 2015‚??dan menghasilkan SG$611 juta devisa, meningkat 28 persen dari tahun 2015. Singapura juga dilengkapi dengan ekosistem yang dinamis untuk segala kegiatan MICE.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan rekan-rekan MICE, dan Singapura akan terus mendukung pertumbuhan ekonomi di Asia yang sangat pesat melalui sektor MICE. Pulau ini menawarkan fasilitas yang luar biasa, dengan teknologi terbaru untuk kegiatan bisnis maupun budaya, dan akomodasi pun tersedia cukup banyak di mana-mana. Dengan luasnya jaringan kami, kami memberikan akses yang mudah ke Asia Pasifik dan dunia,” ujar Raymond Lim, Area Director Singapore Tourism Board di Jakarta.

Indonesia merupakan rekan yang penting bagi industri MICE Singapura sekaligus pasar penting bagi pariwisata Singapura. Singapura akan menyediakan dukungan bagi perusahaan dan lembaga internasional untuk mengadakan bisnis, bertukar pengetahuan, dan menjalin kerja sama dengan yang lain. Di saat yang bersamaan, mereka juga dapat menikmati kegiatan rekreasi yang dimiliki oleh Singapura.

Kegiatan ini akan menampilkan sekilas bagaimana Singapura dapat memberi nilai tambah bagi bisnis MICE. “Selain itu, wisatawan BTMICE dapat personalisasi pengalaman mereka dan ¬†menyesuaikan event mereka berdasarkan kebutuhan, serta menikmati Singapura di setiap detiknya,” ujar Lim.

Penulis: Harry Purnama