Kompas Travel Fair 2017 Diselenggarakan Serentak di Tiga Kota

Monday, 04 September 17   18 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
Kompas Travel Fair 2017
Foto: Venuemagz/Ahmad

Harian Kompas bekerja sama dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk dan Dyandra Promosindo selaku event organizer kembali menyelenggarakan Kompas Travel Fair 2017 dengan mengangkat tema “Travel More, Explore More”  pada 1 hingga 3 September 2017 di JCC. Di pergelaran tahun keenam ini, untuk pertama kalinya Kompas Travel Fair (KTF) diselenggarakan di tiga kota, yakni Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Novi Eastiyanto, Marketing Harian Kompas, mengatakan, Kompas Travel Fair 2017 tentu memberikan penawaran harga perjalanan terbaik kepada pengunjung dengan tujuan mewujudkan impian berlibur, baik dalam negeri maupun luar negeri.  Sebab, menurut Novi, berwisata kini menjadi sebuah kebutuhan dan bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Pada acara ini, hadir 10 maskapai dan belasan travel agent. Masing-masing peserta memberikan harga terbaik, misalnya rute pesawat Jakarta-Kuala Lumpur mulai dari Rp292.000, Jakarta-Bangkok hanya Rp1,1 juta, Jakarta-Hong Kong Rp1,9 juta, dan Jakarta ke Amerika mulai dari  Rp7,2 juta.

Kompas Travel Fair 2017 juga menawarkan paket tur dengan harga terbaik untuk tujuan wisata domestik, seperti paket 3 hari 2 malam ke Gili Trawangan hanya Rp900.000, 3 hari 2 malam ke Derawan mulai dari Rp2,5 juta, atau paket 3 hari dua malam Taman Safari Prigen Resort dari Rp1,8 juta menjadi Rp600.000. Setelah berbelanja tiket dan paket wisata, para pengunjung juga bisa mencari peralatan keperluan perjalanan, seperti koper dari harga reguler dengan harga jutaan menjadi hanya Rp300.000.

KTF 2017 juga mempunyai program dari bank partner Bank CIMB Niaga. Pengunjung yang mempunyai kartu kredit reguler dengan membeli tiket penerbangan untuk tujuan internasional dengan harga  Rp5 juta mendapatkan cashback maksimum Rp1,5 juta. Kemudian, untuk tujuan domestik dengan pembelian tiket pesawat Rp1 juta mendapatkan cashback maksimum Rp200.000. Untuk kartu kredit premium, dengan transaksi Rp10 juta mendapatkan cashback maksimum Rp2 juta. Novi menjelaskan, cashback itu didapatkan khusus untuk penerbangan saja.

Novi menjelaskan, pada hari pertama Kompas Travel Fair 2017 jumlah pengunjung yang datang mengalami pertumbuhan 30 persen, yakni mencapai 10.600 orang. “Kami kaget juga karena pembukaannya bertepatan dengan hari raya Idul Adha. Sebelumnya, asumsi kami orang-orang pada ibadah, ternyata sudah ada yang mengantre dari pagi untuk mendapatkan gelang cashback karena cashback-nya terbatas,” kata Novi.

Novi menjelaskan, pengunjung yang datang ke KTF dari tahun ke tahun umumnya 60 persen mencari tiket tujuan internasional dan 40 persen tujuan domestik. “Karena memang pengunjung mengambil liburannya jarak jauh. Ada tiga destinasi favorit untuk luar negeri, yaitu Amerika, Jepang, dan Hong Kong,” kata Novi.

Sementara untuk tujuan domestik, pada KTF tahun lalu yang menjadi favorit adalah Bangka-Belitung, Banyuwangi, dan Lombok, dan untuk tahun ini masih sama seperti tahun lalu, yang membedakan sekarang ada Raja Ampat menjadi destinasi favorit untuk tujuan wisata domestik.

Novi menjelaskan, di tahun yang mendatang, Kompas Travel Fair berencana akan diselenggarakan serentak di lima kota, yakni di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Bali, atau Medan agar Kompas Travel Fair ini bisa meluas.

Perhelatan Kompas Travel Fair tahun lalu dikunjungi 41.000 pengunjung dengan menghasilkan transaksi Rp99,8 miliar. Sementara itu, Kompas Travel Fair 2017 diikuti 80 peserta dengan target 45.000 pengunjung serta transaksi Rp109 miliar.