Kompetisi Musik Klasik Bela Bartok Musik Festival

Wednesday, 12 April 17   37 Views   0 Comments   Venue

Dalam rangka memperingati 135 tahun lahirnya komponis Hungaria, Bela Bartok, Kedutaan Besar Hungaria di Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Musik Jakarta mengadakan Festival Musik Bela Bartok pada tanggal 8-9 April 2017 di Auditorium Yayasan Musik Jakarta yang berlokasi di Jl. Letnan Sutopo Kav. IIIA No. 10, BSD City, Tangerang Selatan. Inti kegiatan dari festival ini adalah kompetisi musik dengan memainkan karya dari Bela Bartok.

Kompetisi ini dibagi dalam lima kategori usia, yakni kategori solo A, B, C, D, E, serta duet instrumen piano dan biola. Total peserta yang berpartisipasi dalam acara kompetisi musik ini sebanyak 154 peserta. Babak penyisihan dimulai pada tanggal 8 April 2017, dan babak final serta gala konser diadakan pada tanggal 9 April 2017.

Pada festival ini, Yayasan Musik Jakarta mendapatkan kehormatan dengan kehadiran Judit Nemeth-Pach, Duta Besar Hungaria untuk Indonesia. Beliau hadir dan memberikan kata sambutan dalam acara gala konser Bela Bartok Music Festival serta memberikan hadiah dan penghargaan kepada para pemenang kompetisi. Selain itu, tim juri festival ini terdiri dari tiga musisi senior dan papan atas, yaitu pianis dan pendiri Yayasan Musik Jakarta Dr. Kuei Pin Yeo, musisi Hungaria Dr. Ferenc Barnas, serta pianis dan pengajar musik senior Indonesia Charlotte Panggabean.

Suasana acara sangat meriah dan menggembirakan di antara peserta yang hadir walaupun ada yang merasa tegang sebelum kompetisi dimulai. Pada final tanggal 9 April 2017, telah terpilih pemenang di setiap kategori. Pemenang kategori A diraih oleh Ferris Marva Emery (Juara 1), Maura Dianka (Juara 2), dan Emidio Pratikno (Juara 3). Selanjutnya pemenang untuk kategori B diraih oleh Elnino Mevlana Ibrahim (Juara 1), Reynard Jamjan (Juara 2), dan Noah Djohan (Juara 3). Pemenang kategori C diraih oleh Claudia Melati Krid (Juara 1), Jonathan Koisyner (Juara 2), dan Riefanka Rahmania Raisa (Juara 3). Pengumuman pemenang yang terakhir, yaitu kategori D, E, dan Duet diraih oleh Yovela Feodora (Juara 1), Giohans Koisyner (Juara 2), dan Egan Valentino (Juara 3).

Kerja sama antara Yayasan Musik Jakarta dengan Kedutaan Hungaria dalam Bela Bartok Musik Festival ini diharapkan melengkapi kompetisi-kompetisi musik yang telah ada serta menambah warna dalam perkembangan musik klasik di Indonesia.

Penulis: Harry Purnama