Lampung Gandeng Dyandra Selenggarakan Festival Krakatau 2016

Thursday, 18 August 16   5 Views   0 Comments   Venue

Kementerian Pariwisata mendukung Pemerintah Provinsi Lampung dalam pelaksanaan Festival Krakatau 2016 yang akan diadakan pada tanggal 24-28 Agustus 2016. Pelaksanaan Festival Krakatau 2016 dengan tema “Lampung The Treasure of Sumatra” ini bertujuan mempromosikan daya tarik wisata dan seni budaya Lampung, serta menciptakan peluang bisnis bagi para pelaku industri pariwisata.

Ridho Ficardo, Gubernur Lampung, mengatakan, Lampung merupakan provinsi dengan pertumbuhan ekonomi yang tertinggi di Sumatra, tapi itu mayoritas dari sektor pertanian. Melalui festival ini, Ridho ingin menaikkan sektor pariwisata di Lampung mengingat sektor pariwisata bisa memberikan dampak ekonomi yang berkali lipat lebih banyak dari sektor pertanian.

Namun, Ridho juga menyadari bahwa infrastruktur pariwisata di Lampung belum sepenuhnya siap, terutama dari segi akomodasi dan akses transportasi. “Pelaksanaan Festival Krakatau ini merupakan langkah awal menjadikan Lampung sebagai destinasi wisata. Pelaksanaan berbagai event wisata bertujuan untuk menciptakan market. Orang akan datang ke Lampung kalau ada event. Setelah market-nya terbentuk, barulah dilakukan langkah-langkah selanjutnya, seperti pengembangan sektor usaha dan promosi,” ujar Ridho.

“Kita juga tidak mau over-promote. Nanti, takutnya kalau Lampungnya belum siap, turis malah kecewa dan tidak mau datang lagi ke Lampung,” ujar Ridho.

Festival Krakatau merupakan agenda wisata tahunan Pemprov Lampung yang sudah berlangsung dari tahun 1991 dalam rangka promosi pariwisata dan peringatan meletusnya Gunung Krakatau pada 1883. Di pelaksanaan yang ke-26 ini, Festival Krakatau terbagi atas program Jelajah Pasar Seni, Jelajah Layang-Layang, Jelajah Rasa (festival kuliner), Jelajah Krakatau, Jelajah Semarak Budaya (Lampung Culture & Tapis Carnival), dan Investor Summit (Gala Dinner). Setiap kegiatan akan diadakan di lokasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan acara.

Untuk menyukseskan pelaksanaan Festival Krakatau 2016, Pemprov Lampung menggandeng Dyandra Promosindo selaku event organizer. Dyandra sudah memiliki rekam jejak yang bagus sebagai event organizer, karena itu terpilihlah Dyandra melalui hasil pitching.

Penulis: Harry Purnama