Lomba Lari untuk Melestarikan Peninggalan Bersejarah

Monday, 26 September 16   0 Views   0 Comments   Venue

Bogor Heritage Run 2016 (BHR 2016) kembali diselenggarakan pada 25 September 2016. Lomba lari yang memasuki tahun kedua penyelenggaraan ini mengambil start dan finish di Makodim 0606. Bogor Heritage Run 2016 melalui rute Jalan Sudirman menuju Jalan Jalak Harupat, berbelok ke Jalan Salak, lurus ke Jalan Ahmad Yani, dan berakhir lagi di Makodim 0606.

Balap lari sejauh lima kilometer ini melintasi beberapa obyek wisata historis di kota Bogor, seperti Taman Kencana dan Gedung Blenong (BPN). Pada pelaksanaan Bogor Heritage Run 2016, ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu Kompetisi Individu, Kompetisi Beregu (10 orang), dan Fun Run (3-5 orang). 

Acara yang diinisiasi oleh PHM Hospitality bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor tersebut menyediakan total hadiah bagi peserta sebesar Rp43 juta, 200 medali, dan 50 piagam finisher. Tahun ini, Bogor Heritage Run diikuti 937 peserta yang terbagi menjadi 653 orang peserta individu, 190 orang peserta beregu, dan 94 orang peserta fun run.

Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Bogor, mengatakan, kegiatan Bogor Heritage Run merupakan cara efektif untuk memopulerkan peninggalan bersejarah di Kota Hujan ini. Selain itu, menurutnya, acara ini juga bertujuan untuk pelestarian peninggalan bersejarah.

“Seperti tahun sebelumnya, hasil dari kegiatan lomba ini akan didonasikan untuk pelestarian benda peninggalan bersejarah di Kota Bogor. Tahun ini, penghasilan tersebut akan disumbangkan untuk pemugaran Taman Makam Pahlawan Dreded,” kata Bima.

Penulis: Erwin Gumilar