Majapahit Travel Fair 2017 Berhasil Catatkan Transaksi Rp55 Miliar

Tuesday, 25 April 17   20 Views   0 Comments   Jefri Yulianto
Majapahit Travel Fair 2017
Foto: Venuemagz/Jefri

Pameran pariwisata Majapahit Travel Fair (MTF) 2017 berhasil mencatatkan transaksi Rp55 miliar. Acara yang digelar pada 13-16 April 2017 Grand City Convex Surabaya itu menghasilkan transaksi yang meningkat lima persen dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp52,39 miliar.

Jarianto, Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, mengatakan, selama Majapahit Travel Fair 2017 tercatat jumlah total transaksi dari travex sebanyak 4.525 appointment. “Secara terperinci, meliputi 1.584 appointment prospektif, 755 appointment penawaran produk, dan ada 2.186 tahap perkenalan dilaksanakan dalam bentuk table top meeting dua sesi selama MTF berlangsung,” ujar Jarianto.

Jarianto menambahkan, potensi industri pasar pariwisata Jawa timur tahun ini yang banyak diminati antara lain Gunung Bromo, Kawah Ijen, MICE, Sumenep, dan Surabaya City Tour. Majapahit Travel Fair 2017 juga mengadakan kegiatan post-tour bagi para buyer ke destinasi wisata di Jawa Timur, seperti Sumenep Madura Tour, Bromo, Batu Tour, serta pilihan berwisata golf. Para ekshibitor sendiri diajak menuju Batu Secret Zoo.

Sementara itu, pameran Majapahit Travel Fair 2017 yang diikuti 150 peserta dengan jumlah 170 stan berhasil mencatatkan sebesar Rp2,8 miliar, meliputi belanja produk barang dan paket wisata.

“Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, MTF tahun ini untuk kegiatan travex diikuti 23 negara yang diwakili 120 orang, artinya terjadi penambahan lima negara. Kegiatan MTF ini juga memberikan dampak ekonomi terhadap bidang lain, seperti bisnis kuliner, transportasi, akomodasi, hotel, dan hiburan yang mendapat respons positif dari kalangan wisatawan bisnis domestik dan mancanegara,” ujar Arifudinsyah, Ketua DPD Asita Jawa Timur.

Majapahit Travel Fair 2017 juga menyelenggarakan lomba stan dan stall jamuan makan malam terbaik. Berikut ini adalah daftar pemenangnya.

Stan Kecil

Juara I             : Taman Nasional Alas Purwo

Juara  II           : DISPARBUD Prov. Jawa Barat

Juara III           : DISPORBUDPAR Kab. Lamongan

 

Stan Besar

Juara I             : DISPORBUDPAR Kab. Blitar

Juara II            : DISPARBUD Kota Makassar

Juara III           : DISPARBUD Prov. DKI Jakarta

Harapan I        : Kusuma Agrowisata

Harapan II       : DISBUDPAR Kab. Malang

 

Kategori Dekorasi Stall Terbaik

Juara I             : Hotel Java Paragon

Juara II            : Bukit Darmo Golf

Juara III           : Hotel Majapahit

Harapan I        : Hotel Mercure Grand Mirama

Harapan II       : Hotel Grand Inna Tunjungan

Harapan III      : Hotel Verwood