MICE Discovery, Mengungkap Potensi Wisata Minat Khusus

Thursday, 13 April 17   33 Views   0 Comments   Venue

Indonesia merupakan salah satu tujuan pariwisata dunia yang menawarkan berbagai keragaman daya tarik, baik untuk tujuan pelesir maupun bisnis. Menjawab tantangan akan meningkatnya motivasi wisatawan untuk pelesir sekaligus bisnis, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menetapkan 16 destinasi MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition). Padatnya kalender acara tahunan kegiatan pariwisata Indonesia menarik untuk selalu dinanti oleh para wisatawan mancanegara maupun domestik, terutama acara-acara bersifat spesifik, seperti wisata olahraga Tour de Singkarak di Sumatera Barat serta karnaval mode Jember Fashion Carnival dengan runway terpanjang di dunia, yaitu 3,6 kilometer. Akan tetapi, potensi pengembangan wisata minat khusus ternyata masih jarang dipahami oleh masyarakat luas, khususnya insan-insan generasi penerus bangsa.

Karena itu, mahasiswa-mahasiswi Diploma 4 Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2013 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti kembali menyelenggarakan MICE Discovery dengan tema “Elevating Indonesia’s MICE Industry Through the Runway of Special Events”. Perhelatan MICE Discovery yang memasuki tahun ketiga ini membahas mengenai peluang usaha industri MICE di Indonesia melalui daya tarik penyelenggaraan wisata minat khusus. Acara ini akan diselenggarakan pada Jumat, 28 April 2017, di Auditorium Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jl. IKPN Bintaro No. 1, Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Seminar ini bertujuan untuk mendukung pemerintah, asosiasi, perusahaan, serta dunia pendidikan dalam menyebarluaskan pemahaman lebih mendalam mengenai industri MICE serta menggali potensinya dengan optimal melalui penyelenggaraan wisata minat khusus yang atraktif serta efektif dalam mendongkrak arus pertumbuhan ekonomi nasional. MICE Discovery 2017 ini akan menghadirkan pembicara Presiden Jember Fashion Carnaval dan Ketua Asosiasi Karnaval Indonesia Dynand Fariz, General Manager Event Kompas Lukminto Wibowo, dan dosen di berbagai perguruan tinggi pariwisata bidang MICE dan manajemen acara Monalisa Eka Shinta, M. Par. Acara ini akan dimoderatori oleh akademisi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Maria Cecilia Risminati, M. Par.

Dengan semangat “Voice of Tourism” dalam rangkaian hari ulang tahun Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti ke-48, seminar The 3rd MICE Discovery akan dihadiri oleh 350 peserta yang berasal dari siswa-siswi, mahasiswa-mahasiswi, guru-guru Sekolah Menengah Atas/Kejuruan, akademisi dari berbagai perguruan tinggi khususnya yang terkait dengan industri MICE, serta para profesional dari Event Organizer (EO), Professional Convention Organizer (PCO), maupun Professional Exhibition Organizer (PEO).

Biaya partisipasi sebagai peserta seminar The 3rd MICE Discovery sebesar Rp45.000 bagi siswa-siswi maupun mahasiswa-mahasiswi dengan menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa, sedangkan bagi profesional dan umum dikenakan biaya Rp60.000. Biaya tersebut sudah termasuk sertifikat, seminar kit, dan snack box. Ada pula berbagai door prize menarik bagi peserta yang beruntung. Untuk pendaftaran, dapat langsung menghubungi Cheria (0812-8164-8293) atau Nofi (0819-3236-7880).

Penulis: Harry Purnama