NTB Targetkan 3 Juta Wisatawan Pada 2016

Tuesday, 12 January 16   0 Views   0 Comments   Venue

Dalam rangka memperingati letusan Gunung Tambora yang terjadi 200 tahun lalu, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kementerian Pariwisata akan menyelenggarakan Festival Pesona Tambora (FPT) pada 11-16 April 2016. Terdiri dari beberapa rangkaian acara, festival ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat yang ditargetkan mencapai tiga juta wisatawan, yang terdiri dari wisman dan wisnus, pada akhir 2016.

Festival Pesona Tambora juga diharapkan mampu menarik minat investor untuk berinvestasi di NTB, terutama di Pulau Sumbawa. “Nah, kegiatan ini juga untuk memancing pertumbuhan investasi di Sumbawa karena investor tidak akan berinvestasi kalau tidak ada proyeksi pertumbuhan pariwisatanya,” kata M. Zainul Majdi, Gubernur NTB.

Menurut Zainul, saat ini pertumbuhan investasi di Pulau Sumbawa sudah mulai terasa. Setidaknya hal itu terlihat dari tumbuhnya fasilitas hotel dan penginapan untuk mengakomodasi wisatawan yang ingin berwisata di wilayah Bima atau pun Dompu. “Ini sudah mulai terasa dalam tiga-empat tahun terakhir,” katanya.

Sementara itu, rangkaian acara Festival Pesona Tambora di antaranya adakan diramaikan dengan Tambora Running, Tambora Bike Camp, Tambora Festival, Ritus Budaya Tamboraman, kegiatan seminar, serta pameran seni dan film. “Ini merupakan kelanjutan dari kegiatan ‘Tambora Menyapa Dunia 2015’, dan acara ini merupakan upaya mempromosikan potensi pariwisata NTB di dalam dan luar negeri sekaligus mendukung branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia,” ujar Zainul.

Penulis: Bayu Hari