OGH Expo Edukasi Masyarakat mengenai Produk Organik

Tuesday, 20 December 16   1 Views   0 Comments   Venue

Komunitas Organik Indonesia (KOI) menggandeng Grand Dharmahusada Lagoon (GDL) menyelenggarakan pameran bertajuk Organik Green Healthy (OGH) di Grand City Mall, 16-18 Desember 2016. Pameran ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang produk olahan bahan organik, sebab masyarakat awam umumnya mengenal produk organik hanya sayur dan beras.

“Acara ini merupakan lanjutan rangkaian kegiatan tahunan untuk mengedukasi masyarakat secara luas tentang adanya produk olahan tanpa bahan kimia, seperti beras, tepung singkong, minuman, makanan, sabun mandi dari minyak kelapa, hingga produk komoditas pertanian dalam negeri yang diproduksi UKM,” ujar Christopher Emille Jayanata, Ketua Komunitas Organik Indonesia.

Selain untuk melakukan edukasi, melalui acara ini juga diharapkan produk organik akan semakin dikenal oleh masyarakat, terutama oleh pasar domestik. Organik Green Healthy diikuti oleh para produsen produk organik serta para petani lokal. Christopher menargetkan acara ini dihadiri 500 pengunjung.

“Dari segi permintaan, secara nasional selama pameran jumlah omzet sempat menyentuh angka Rp800 juta,” ujar Christopher.

Komunitas Organik Indonesia secara nasional memiliki 600 chapter, yang antara lain berada di Bandung, Bogor, Bali, Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan Makassar. Nysa Pratiwi, Ketua Komunitas Organik Indonesia Chapter Surabaya, mengatakan, pertumbuhan pelaku produsen produk organik di Jawa Timur meningkat 20 persen. Saat ini, ada sekitar 60 pelaku produsen bahan organik dari Jawa Timur yang mengikuti pameran Organik Green Healthy.

Komunitas Organik Indonesia Chapter Surabaya juga rutin mengadakan pameran organik bulanan di Sarjoyo I-V (Pasar Ijo Suroboyo), yang diikuti peserta dari Surabaya, Malang, Jombang, Lumajang, Prigen, Pasuruan, dan Mojokerto.

Penulis: Jefri Yulianto