Padang KulineRun 2017 Promosikan Pariwisata dan Kuliner Padang

Tuesday, 12 September 17   74 Views   0 Comments   Harry Purnama
Padang KulineRun 2017
Foto: Venuemagz/Harry

Untuk mengangkat kearifan lokal serta potensi pariwisata di Kota Padang, serta untuk menyambut perayaan Hari Pariwisata Dunia, PT Hotel Indonesia Natour bekerja sama dengan PT Semen Padang akan menyelenggarakan event sport tourism bertajuk Padang KulineRun 2017. Lomba lari yang akan berlangsung pada tanggal 24 September 2017 tersebut juga didukung oleh lembaga BUMN lainnya, seperti Bank BTN, Garuda Indonesia, dan PT Pegadaian.

Iswandi Said, Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour, mengatakan, “Acara ini kuat dari sport tourism-nya, di mana kita mengangkat budaya lokal Minangkabau dengan kearifan lokal dalam bidang kuliner. Acara ini dikombinasikan dengan kuliner yang disediakan oleh hotel dan UMKM setempat.”

“Kita yakin program ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Padang khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya,” ujar Iswandi Said.

Acara ini akan mengambil titik start dan finish di halaman Hotel Grand Inna Padang—salah satu properti milik PT Hotel Indonesia Natour. Padang KulineRun 2017 akan melombakan tiga kategori lari, yakni 2,5 km, 5 km, dan 10 km. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp35 juta dan sebuah sepeda motor.

“Acara ini tidak hanya untuk masyarakat umum dan keluarga, tapi juga pelari profesional dari beberapa kota besar. Ada juga peserta yang berasal dari Penang, Malaysia. Saat ini baru ada 800 peserta yang mendaftar, dengan target kami adalah 1.500 pelari,” ujar Iswandi.

Sri Soekminiarni, Marketing Development Department Head Wealth Management Division Bank BTN, mengatakan, setiap peserta Padang KulineRun 2017 akan mendapatkan banyak keuntungan—selain menikmati keindahan alam di Padang. Pertama adalah setiap pelari akan secara otomatis memiliki rekening tabungan BTN dengan isi saldo Rp50.000. Kedua, setiap pelari akan dilindungi asuransi jiwa gratis selama mengikuti lomba lari ini dengan uang pertanggungan mencapai Rp20 juta.

Perhelatan Padang KulineRun ini merupakan acara perdana PT Hotel Indonesia Natour di Padang. Namun, event serupa pernah diadakan pada tahun lalu di Medan dengan nama Medan Heritage Run. Iswandi Said berharap acara ini akan diadakan setiap tahun di kota yang ada properti hotel milik PT Hotel Indonesia Natour.

“Acara ini akan kita langsungkan secara tahunan di Padang. Tapi tidak memungkinkan diadakan juga di kota-kota lainnya untuk mengangkat kearifan lokal daerah masing-masing,” ujar Iswandi Said.

Bertepatan dengan pelaksanaan Padang KulineRun tersebut juga akan dilaksanakan peresmian Padang Convention Centre di Grand Inna Padang yang merupakan convention center terbesar di Sumatera Barat. Padang Convention Centre memiliki kapasitas hingga 2.000 orang.