Pameran Kesehatan Bisa Ciptakan Produk Lokal

Friday, 25 November 16   4 Views   0 Comments   Venue

Kristamedia Pratama kembali menghadirkan pameran kesehatan Indo Medicare, yang di dalamnya juga mencakup pameran Indo Beauty Expo dan Indo Health Expo. Di tahun ketujuh pelaksanaan pameran ini, panitia menghadirkan sesuatu yang baru, yakni menggandengnya dengan pameran Indo Optical Expo. Rangkaian acara tersebut berlangsung dari 23 hingga 25 November 2016 di JIExpo, Jakarta.

Daud D. Salim, Direktur Kristamedia Pratama, menjelaskan, perhelatan pameran-pameran tersebut sengaja diadakan secara bersamaan karena dirinya menilai bahwa pameran tersebut memiliki hubungan atau saling berkaitan di dunia kesehatan.

Muhdori, Direktur Direktorat Industri Tekstil, Kulit, Alas Kaki, dan Aneka Kementerian Perindustrian, mengatakan, pameran ini fokus mendatangkan investor-investor dari luar negeri agar tercipta kerja sama antara pengusaha di Indonesia dengan investor asing maupun pengusaha dari luar negeri. Dengan demikian, diharapkan produk-produk kesehatan di Indonesia akan meningkat daya saingnya.

“Hadirnya pameran ini juga diharapkan dapat mendorong atau memicu para pengusaha lokal untuk bisa menciptakan produk di industri kesehatan yang mengikuti tren-tren terbaru, baik dari kacamata yang sekarang lebih mengarah ke fashion, kecantikan, maupun teknologi yang bisa dipamerkan ke luar negeri,” kata Muhdori.

Daud D. Salim, Direktur Krista Exhibitions, mengatakan, pameran Indo Medicare ini akan menampilkan produk-produk unggulan bidang perlengkapan kesehatan, kedokteran, obat tradisional, maupun kecantikan yang menjadi peluang bagi kemajuan industri kesehatan Indonesia. Pameran ini juga dapat mendorong industri kesehatan Indonesia yang selama ini cukup memprihatinkan. Daud memberikan contoh untuk di bidang kacamata, Indonesia baru memiliki satu perusahaan lokal. Karena itu, diharapkan melalui pameran ini para pelaku industri dari dalam negeri bisa termotivasi dalam menciptakan produk kesehatan terbaru yang lebih banyak lagi.

“Indonesia memiliki pasar yang potensial bagi negara di Asia maupun Eropa. Para stakeholder di bidang kesehatan ini bisa memperluas jaringan bisnis, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kita juga berupaya melakukan promosi seluas-luasnya di luar negeri sehingga di tahun depan akan banyak peserta dari luar negeri,” kata Daud. Daud meyakini, para peserta juga bisa melakukan kerja sama yang berkelanjutan setelah penyelenggaraan pameran ini.

Perhelatan Indo Medicare, Indo Beauty Expo, Indo Health Expo, dan Indo Optical Expo ini menempati lahan seluas 4.000 meter persegi. Acara ini menghadirkan 140 perusahaan lokal dan asing dengan target pengunjung hingga 6.000 orang. Pameran ini diikuti perusahaan dari 12 negara, antara lain dari Korea, Cina, Thailand, Italia, dan India.

Penulis: Ahmad Baihaki