Pameran Otomotif Terbesar Di ASEAN Ada Di Indonesia

Wednesday, 03 February 16   0 Views   0 Comments   Venue

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan hadir kembali pada 11-21 Agustus 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Serpong, Tangerang. Event otomotif terbesar di Indonesia ini memasuki tahun keduanya, dengan tetap menggandeng Seven Events selaku organizer. Menurut Andy Wismarsyah, Presiden Direktur Seven Events, penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 akan mengalami beberapa perubahan.

“Kami menambah luas pameran sebesar 5.000 meter persegi sehingga total luas area yang digunakan menjadi 96.577 meter persegi. Pada tahun 2015, luas yang digunakan hanya 91.577 meter persegi. Dengan ini, kami telah menjadi pameran otomotif terluas ketujuh di dunia dan terbesar di ASEAN. Selain itu, sejumlah perbaikan akan kami lakukan setelah mengevaluasi penyelenggaraan GIIAS 2015 lalu,” ujar Andy Wismarsyah.

Perbaikan yang dimaksud Andy mencakup perbaikan fasilitas publik agar lebih manusiawi. Lalu, memperbanyak transportasi umum dengan menambah shuttle bus dari dan menuju ICE. “Untuk memperpanjang long stay para pengunjung di pameran, kami ingin menambah ruang bermain anak, tempat makan, serta tempat istirahat di pameran agar mereka berada di pameran ini sekitar 3-4 jam,” lanjut Andy.

Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 juga telah masuk ke dalam kalender resmi OICA (Organization Internationale des Constructeurs d’Automobiles). “Dengan masuknya GIIAS ke dalam OICA, maka GIIAS akan semakin mudah menjadi pameran otomotif berskala internasional dunia. Selain itu, kami juga akan mendapatkan special treatment dari para ATPM dunia dan tentu saja exposure yang sangat luas,” katanya.

Dengan demikian, Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 menjadi bagian dari pameran otomotif yang di-endorse oleh OICA. Saat ini, OICA meng-endorse 18 pameran otomotif kelas dunia, termasuk Tokyo Motor Show, Detroit Motor Show, dan Frankfurt Motor Show.

Sebanyak 90 persen slot pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 telah terisi penuh, antara lain 34 brand yang terdiri dari 26 brand kendaraan penumpang dan delapan kendaraan komersial resmi bergabung.

“Namun, masih akan ada penambahan brand-brand yang ikut serta dalam GIIAS kali ini. Ini baru dilakukan pendaftaran tahap pertama,” kata Johnny Darmawan, Ketua Panitia GIIAS 2016.

Mengenai jumlah pengunjung dan target transaksi, Johnny tidak menargetkan angka tertentu. “Kami hanya berharap tahun ini akan tumbuh dibanding sebelumnya. Tahun lalu kami berhasil mendatangkan 451.645 pengunjung dengan total transaksi sebesar Rp5,4 triliun,” ujarnya.

Penulis: Mikhail