PATA Travel Mart Kembali ke Indonesia

Wednesday, 27 July 16   1 Views   0 Comments   Venue

PATA Chapter Indonesia, didukung oleh Kementerian Pariwisata, berhasil memenangkan bidding tuan rumah pelaksanaan acara tahunan PATA Travel Mart. Dengan demikian, Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan PATA Travel Mart 2016, yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 hingga 9 September 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City. Terakhir kali PATA Travel Mart diadakan di Indonesia adalah pada tahun 2007, tepatnya dilaksanakan di Bali.

Purnomo, CEO PATA Chapter Indonesia, mengatakan, untuk memenangkan bidding tuan rumah PATA Travel Mart 2016, Indonesia harus mengalahkan Korea Selatan dan Cina yang begitu agresif ingin menjadi tuan rumah. Pada pelaksanaan PATA Travel Mart 2014 di Kamboja, S.D. Darmono selaku Chairman PATA Chapter Indonesia, mengajukan diri agar Indonesia menjadi tuan rumah PATA Travel Mart 2016. Kemudian, pada Mei 2015, PATA menyetujui Indonesia menjadi tuan rumah PATA Travel Mart 2016, dan pengumuman resmi disampaikan pada saat pelaksanaan PATA Travel Mart 2015 di Bangalore, India.

“Kami menawarkan keragaman masyarakat Indonesia serta potensi wisata yang dimiliki. Mungkin itu yang menjadi alasan kenapa Indonesia berhasil mengalahkan Cina dan Korea Selatan,” ujar Purnomo.

Purnomo menambahkan, ini merupakan kesempatan Indonesia untuk mengenalkan potensi pariwisata dan fasilitas MICE yang dimiliki kepada dunia internasional, sebab pada PATA Travel Mart 2016 ini akan dihadiri ribuan delegasi dari 30 negara.

Pelaksanaan PATA Travel Mart 2016 akan dihadiri sekitar 500 buyer dan 400 seller. Indonesia sendiri mendapat jatah 30 persen seller. “Buyer yang hadir datang dari sekitar 30 negara, dan sekitar 30 persennya berasal dari negara-negara di Asia Utara dan Timur, seperti Cina, Jepang, dan Korea Selatan,” ujar Purnomo.

“Hingga sekarang, seller dari Indonesia yang sudah confirm sekitar 50 persen. Di sini ‘kan budayanya last minute booking, jadi kami yakin 100 stan yang disediakan akan terisi penuh,” ujar Purnomo.

PATA Travel Mart merupakan sebuah pasar wisata B2B terbesar di Asia Pasifik yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam sebuah sesi bisnis. Dalam pelaksanaan PATA Travel Mart yang ke-39 ini, selain ada sesi table top, akan ada juga Blogger Forum, seminar mengenai investasi di bidang perhotelan, dan PATA Youth Forum yang bekerja sama dengan President University dan STP Bandung.

Untuk kegiatan post-tour, panitia menyediakan beberapa pilihan destinasi wisata, antara lain Krakatau, Tanjung Lesung, Ujung Kulon, Badui, Museum Benteng Heritage di Tangerang, serta turnamen golf.  

Penulis: Harry Purnama