Pekan Raya Indonesia Yang Perdana

Thursday, 18 February 16   6 Views   0 Comments   Venue

Indonesia akan memiliki pekan raya yang baru selain Pekan Raya Jakarta, yaitu Pekan Raya Indonesia. Pekan Raya Indonesia 2016 yang akan diselenggarakan pada 20 Oktober hingga 6 November 2016 merupakan ajang perdana Pekan Raya Indonesia yang diselenggarakan oleh Mahayana Indonesia Convex.

Menurut Irwan Oetama, Ketua Umum Pekan Raya Indonesia, Pekan Raya Indonesia merupakan pameran multiproduk berskala besar yang menggabungkan brand-brand besar dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta ekonomi kreatif. Pekan Raya Indonesia akan menjadi salah satu upaya pihak swasta untuk membantu pemerintah menggerakkan perekonomian nasional.

“Selain UKM dan industri kreatif, PRI juga memberi tempat bagi usaha kuliner dan fashion dalam negeri. PRI juga mengemas hiburan yang menampilkan grup-grup band top dan band-band indie. Kami mengemas PRI sebagai acara untuk keluarga-keluarga Indonesia,” kata E. Ernawan, Ketua Pelaksana Harian Pekan Raya Indonesia. 

Event yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) ini menyebut diri sebagai pesta keluarga karena anak-anak pun dapat menikmati hiburan edukatif melalui atraksi yang menyenangkan. Semua hall di ICE akan digunakan untuk Pekan Raya Indonesia. Hall 1 dan 2 akan digunakan untuk zona pariwisata dan kebudayaan; Hall 3 digunakan untuk UKM dan industri kreatif; Hall 3A untuk anak-anak dan pendidikan anak; Hall Convention untuk gaya hidup dan fashion; Hall 5 untuk consumer goods; Hall 6 untuk furnitur; Hall 7 untuk multiproduk; Hall 8 untuk gadget dan IT; lalu Hall 9 dan 10 untuk produk otomotif (mobil dan motor). Sementara itu, ruang terbuka di ICE digunakan untuk panggung hiburan dan kuliner. 

Hyang I. Mihardja, Presiden Direktur PT Mahayana Indonesia Convex, menargetkan Pekan Raya Indonesia dikunjungi satu juta orang selama 18 hari penyelenggaraan. Jam buka Pekan Raya Indonesia pada hari Senin sampai Kamis adalah dari pukul 15.00-22.00 WIB, sedangkan pada Jumat dari pukul 15.00-23.00, serta hari Sabtu dan Minggu dari pukul 10.00-23.00 WIB. Harga tiket masuk untuk hari Senin sampai Jumat Rp 20.000 per orang, dan untuk hari Sabtu-Minggu Rp 30.000 per orang.

Untuk akses menuju ICE, penyelenggara menyediakan shuttle bus menuju ICE, yakni di Giant BSD dan ITC BSD, Giant Villa Melati Mas Serpong, Flavor Bliss, Living World Alam Sutera Serpong, Metropolitan Modernland, TangCity, TransMart Cikokol Kota Tangerang, Supermal Karawaci, Summarecon Mal Serpong, Summarecon Digital Center, Bintaro Xchange, McD Citra Raya, Stasiun Tangerang Pasar Anyar, Stasiun Poris (Kota Tangerang), Stasiun Rawabuntu (BSD, Kota Tangerang Selatan), Carrefour Lebak Bulus, Pondok Indah Mal, Citos, Terminal Kampung Rambutan, Mal Ciputra, Mal Taman Anggrek, Central Park, dan Pasar Pantai Indah Kapuk.

Penulis: Harry Purnama