Percepatan Pengembangan Wisata Danau Toba

Monday, 30 May 16   0 Views   0 Comments   Venue

Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya Republik Indonesia menggelar “Malam Budaya Menyongsong Badan Otorita Danau Toba” pada 25 Mei 2016 sebagai bentuk penyambutan pembentukan Badan Otoritas┬áDanau Toba sebagai bukti keseriusan terhadap pengembangan wisata di Danau Toba. Rizal Ramli, Menko Maritim dan Sumber Daya RI, menyatakan, Danau Toba menjadi salah satu dari 10 destinasi pariwisata unggulan yang diprioritaskan oleh pemerintah.

Rizal Ramli meminta agar para bupati yang berada di kawasan Danau Toba berkomitmen dalam pembangunan wisata Danau Toba. “Mari sama-sama mewujudkan cita-cita dan impian untuk mengembangkan pariwisata Danau Toba yang sudah ada sejak 40 tahun lalu. Kali ini, kita akan buat impian ini menjadi kenyataan,” kata Rizal Ramli.

Badan otorita ini nantinya berbentuk Badan Layanan Umum yang secara fleksibel mencari pendanaan sendiri, dapat menerima pinjaman, dan asetnya dapat dilimpahkan. Badan Otorita Dana Toba akan bertugas selama 25 tahun dengan opsi diperpanjang apabila pemerintah menghendaki perpanjangan tersebut.

Selain itu, Rizal Ramli juga menjelaskan rencana pengembangan infrastruktur di kawasan Danau Toba, seperti perluasan akses ke Bandara Silangit, pembuatan jalan tol langsung dari Medan ke Toba, pembuatan jalan inner ring road dan outer ring road, serta pembersihan Danau Toba. Semua upaya itu akan dilakukan bersama-sama untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia. Demi perbaikan ekonomi warga sekitar, para bupati di sekitar Danau Toba menyerahkan sepenuhnya penanganan pariwisata kepada Badan Otorita sehingga dapat berjalan lebih cepat.

Acara ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nurradi, dan tujuh bupati yang memimpin wilayah sekitar Danau Toba, yakni Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Dairi Johnny Sitohang Adinegoro, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih, dan Bupati Humbang Dosmar Banjarnahor.

Penulis: Ahmad Baihaki