Perhelatan Jakarta Fair Kemayoran Semakin Besar

Wednesday, 07 June 17   34 Views   0 Comments   Dimas Aulia
Jakarta Fair Kemayoran
Foto: Venuemagz/Ahmad

Memasuki tahun ke-50, Jakarta Fair Kemayoran kembali digelar dengan menyajikan berbagai hiburan yang tidak kalah menarik dari tahun sebelum-sebelumnya, seperti konser musik, parade budaya, maupun wisata belanja yang menawarkan pilihan mulai dari perabotan rumah tangga, otomotif, pakaian, hingga kuliner nusantara dengan penawaran harga yang spesial. Jakarta Fair Kemayoran 2017 dengan tema “Jakarta Fair In Your Hand” ini akan diselenggarakan pada  8 Juni hingga 16 Juli 2017 di JIExpo Kemayoran.

Ralph Scheuneman, Marketing Director PT JIExpo Kemayoran, mengatakan, Jakarta Fair Kemayoran adalah momen yang penting karena merupakan satu-satunya pameran terbesar di Asia Tenggara yang rutin diadakan setiap tahun. Meskipun Jakarta Fair Kemayoran 2017 diadakan bertepatan dengan bulan Ramadan, menurut Ralph acara ini merupakan tempat alternatif selain berbelanja di mal.

“Mereka para keluarga yang ingin berbelanja keperluan Lebaran bisa berbelanja di sini dengan harga diskon spesial,” ujar Ralph.

Di usia pameran yang ke-50 ini, penyelenggara memberikan terobosan baru dengan menghadirkan aplikasi Jakarta Fair Kemayoran. Melalui aplikasi tersebut, pengunjung acara yang dulunya bernama Pekan Raya Jakarta (PRJ) ini dapat mencari informasi mengenai fasilitas, jadwal konser, maupun sarana lainnya. Selain itu, yang terbaru di acara tahun ini adalah keberadaan Pasar Malam yang menghadirkan beragam wahana permainan anak, seperti trampoline, rumah hantu, mandi bola, dan sebagainya.

Perhelatan Jakarta Fair Kemayoran 2017 akan diikuti sekitar 2.500 peserta dengan target pengunjung sekitar 5,7 orang serta transaksi mencapai Rp6,5 miliar. Pada tahun lalu, acara ini diikuti 2.000 peserta dan dikunjungi 5 juta orang serta menghasilkan transaksi Rp5 miliar. Panitia juga menyiapkan tempat beribadah bagi mereka yang ingin salat di beberapa hall. Agar lebih nyaman dan aman, panitia juga menyediakan 1.500 petugas kebersihan, 3.000 orang petugas keamanan, shuttle bus dari Stasiun Juanda dan Stasiun Kemayoran, serta lahan parkir yang dapat menampung 10 ribu kendaraan roda empat dan 20 ribu kendaraan roda 2

Dicanangkan menjadi Jakarta Fair terbesar, acara tahun ini akan menghadirkan banyak artis terkenal ibu kota, seperti Sheila On 7, Slank, Godbless, dan Jamrud, serta ribuan door prize bagi pengunjung Jakarta Fair 2017, antara lain 5 mobil, 50 sepeda motor, dan 500 ponsel yang akan diundi setiap hari.

Acara Jakarta Fair tahun ini menyerap lebih dari 40.000 tenaga kerja, baik internal maupun dari pihak peserta. Selain itu, acara ini juga menciptakan 40.000 hingga 50.000 lapangan kerja baru bagi masyarakat, dan multiplier effect dari acara ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat menengah ke bawah untuk dapat menikmati Lebaran.

Untuk tiket masuk pada hari Senin adalah Rp20.000, untuk Selasa-Kamis adalah Rp25.000, dan untuk Jumat-Minggu Rp35.000. Tiket masuk tersebut juga dapat ditukarkan dengan makanan atau minuman di kedai-kedai tertentu. Sementara itu, untuk harga tiket masuk motor adalah Rp15.000, namun yang mempunyai kartu Flash cukup membayar Rp12.500, sedangkan untuk mobil Rp30.000 dan bagi para pemegang kartu Flash cukup membayar Rp25.000.