Promosi Bali Melalui Nusa Dua Fiesta 2015

Wednesday, 21 October 15   0 Views   0 Comments   Venue

Pada 9-13 Oktober 2015 lalu acara Nusa Dua Fiesta 2015 digelar. Acara yang telah memasuki pergelaran ke-19 kalinya itu sukses memikat kedatangan turis lokal dan mancanegara ke Nusa Dua Bali di bulan yang terbilang relatif berada pada masa low season.

Menurut Ida Bagus Abdhi, Ketua Panitia Nusa Dua Fiesta 2015, selama lima hari pelaksanaan tercatat ada 50.000 wisatawan domestik dan masyarakat lokal yang berkunjung, serta untuk wisatawan mancanegara ada sekitar 8.000 pengunjung. Pada penyelenggaraan tahun sebelumnya, Nusa Dua Fiesta dikunjungi 46.077 wisatawan lokal dan 4.741 wisatawan asing. Selain itu, pada penyelenggaraan tahun ini juga terdapat 36 stan, bertambah satu stan dari tahun sebelumnya yang hanya 35 stan. Nusa Dua Fiesta menampilkan antara lain kerajinan tangan dari berbagai daerah dan daerah tujuan wisata masing-masing.

“Acara tahun ini secara keseluruhan sukses dan sesuai dengan target. Dilihat dari jumlah pengunjung selama lima hari pelaksanaan berdasarkan dari catatan harian kami, jumlah pengunjung meningkat,” ujar Ida Bagus Abdhi saat penutupan acara.

“Untuk tahun depan, kami telah merancang Nusa Dua Fiesta dengan nuansa yang berbeda, tapi tetap mengedepankan budaya Bali sebagai senjata utama,” ujar Ida Bagus Abdhi. “Pada tahun ini panitia juga memberikan penghargaan kepada repeater guest sebagai wujud apresiasi kepada pengunjung setia kawasan pariwisata Nusa Dua.”

Anak Agung Gede Yuniartha Putra, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, juga menyampaikan secara umum pelaksanaan Nusa Dua Fiesta 2015 berjalan sukses dan tentunya berkontribusi positif terhadap kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik. “Kami sebelumnya memprediksi terjadi peningkatan kunjungan tujuh persen hingga delapan persen selama lima hari penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta tahun ini,” ungkapnya.

Gelaran tahunan ini bertujuan untuk mempromosikan kawasan dan kekayaan budaya Indonesia serta ajang bagi seniman berkreasi dan mengembangkan bentuk kesenian baru. Nusa Dua Fiesta 2015 dibagi menjadi beberapa rangkaian acara dengan lima kategori, yaitu Music Celebrations, Competition, Cultural Show, Exhibition, dan Sport. (Baca juga: Tiga Program Promosi Sulawesi Selatan)

Penulis: Nila Sofianty