Promosi Pariwisata Bersama CPTA

Sunday, 04 September 16   0 Views   0 Comments   Venue

Sebagai anggota CPTA (Council of Promotion for Tourism in Asia), Jakarta kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan pameran dan pertemuan tahunan Council of Promotion for Tourism in Asia (CPTA) 2016. Pelaksanaan Council of Promotion for Tourism in Asia (CPTA) 2016 yang ke-15 ini bertempat di Grand Indonesia, pada 3-6 September 2016.

The 15th Council of Promotion for Tourism in Asia (CPTA) 2016 diikuti oleh tujuh ibu kota negara anggota CPTA, yaitu Tokyo, Jakarta, Kuala Lumpur, Taiperi, Hanoi, Metro Manila, dan Tomsk. Anggota CPTA sendiri ada 10 negara.

Council of Promotion for Tourism in Asia dimulai dengan pameran pada tanggal 3 dan 4 September di Fountain Area, Grand Indonesia Shopping Town, kemudian Representative Meeting pada tanggal 5, dan seminar pariwisata pada tanggal 6 September di Hotel Indonesia Kempinski.

“Ini merupakan sebuah program promosi pariwisata bersama kota-kota anggota CPTA. Melalui acara ini, diharapkan terjadi pergerakan wisatawan antar-negara anggota CPTA. Ini merupakan kali kedua Jakarta menjadi tuan rumah perhelatan CPTA, sebelumnya terjadi pada tahun 2011,” ujar Catur Laswanto, Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

CPTA secara rutin diselenggarakan setiap tahun di kota anggota CPTA secara bergantian untuk menjalin kerja sama dalam mempromosikan potensi pariwisata Asia secara terpadu ke kawasan Amerika dan Eropa. Pertemuan yang dihasilkan akan dituangkan dalam Joint Declaration yang informasinya didistribusikan melalui situs resmi CPTA.

Sebagai tuan rumah CPTA 2016, manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini antara lain akan memperluas promosi pariwisata Jakarta dengan memberikan informasi mengenai potensi destinasi wisata, industri MICE, dan kemajuan infrastruktur serta fasilitas MICE yang dimiliki Kota Jakarta. Pemerintah DKI Jakarta mengharapkan dengan adanya event ini akan menciptakan citra positif kota Jakarta sebagai destinasi pertemuan internasional, kota yang nyaman, aman, dan profesional.

Penyelenggaraan CPTA and Exhibition didukung penuh oleh Sekretariat CPTA yang berada di Tokyo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, dan Hotel Indonesia Kempinski sebagai penyedia venue pertemuan dan meeting, serta Grand Indonesia Shopping Town sebagai venue pameran.

Penulis: Harry Purnama